blank
Foto: dok/psis

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Manajemen PSIS (Semarang) resmi menunjuk Ian Andrew Gillan, sebagai pelatih kepala untuk mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

Ian Andrew Gillan merupakan pelatih berkewarganegaraan Australia dan Skotlandia, yang memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro.

Bergabungnya Ian Andrew Gillan sebagai pelatih kepala PSIS, diharapkan mampu mengangkat prestasi tim, dan melakukan proses development tim untuk mengorbitkan pemain-pemain muda.

BACA JUGA: PCNU Harus ‘Gas Pol’ Ikut Majukan Kota Semarang

Hal ini tak terlepas dari pengalaman Ian Andrew Gillan yang pernah menangani beberapa klub kasta tertinggi di beberapa kompetisi sepak bola Asia, seperti di Liga Malaysia dan Filipina.

”Setelah melalui proses yang cukup panjang untuk menyeleksi calon pelatih, kami dari manajemen memutuskan untuk menunjuk coach Ian Andrew Gillan sebagai head coach di BRI Liga 1,” tutur CEO PSIS, Yoyok Sukawi, dalam keterangannya di Semarang, Jumat (17/9/2021).

Menurut dia, Ian Andrew memiliki pengalaman yang cukup banyak. Dia diharapkan dapat mengorbitkan pemain-pemain muda PSIS agar lebih bersinar di kancah kompetisi resmi. Apalagi tahun ini PSIS banyak dihuni pemain-pemain muda, yang mampu membawa PSIS berprestasi di kompetisi tahun ini.

BACA JUGA: Hotel Dafam Wonosobo ‘Traktir Setampah Pizza’ untuk Relawan PMI

Yoyok Sukawi juga menjelaskan, saat ini manajemen terus berusaha untuk mendatangkan Ian Andrew ke Indonesia, supaya segera bisa bergabung dengan tim.

”Coach Ian Andrew kami perkenalkan terlebih dahulu, sambil kami terus mengurus proses kedatangannya. Untuk registrasi di kompetisi juga sudah aman, karena coach Ian Andrew sudah kami daftarkan. Semoga proses administrasinya segera beres, supaya segera merapat ke Indonesia,” tukas Yoyok lagi.

Sebagai informasi, Ian Andrew Gillan sebelum ditunjuk menjadi pelatih PSIS, pernah di Kedah FA Malaysia pada tahun 2020.

BACA JUGA: Bank Mandiri Salurkan CSR, Bantu Pengadaan Perpustakaan USM

Sebelumnya, dia juga pernah menjadi pelatih kepala Serawak FA Liga Malaysia pada tahun 2018-2019, dan menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina pada tahun 2017.

Sebelum itu, Ian Andrew juga pernah menjadi Direktur Teknik Kedah FA Malaysia pada tahun 2015, setelah di tahun 2014 menjadi asisten pelatih tim senior.

Tak hanya itu, di tahun 2010-2013, Ian Andrew juga pernah menjadi staf pelatih di Perth Glory FC, Australia.

Riyan