blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika meresmikan aplikasi KIPIN School 4.0. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Wonosobo Jawa Tengah, Selasa (14/9), meresmikan penggunaan kios pintar (KIPIN) School 4.0 di halaman Kantor Dinas Arpusda setempat.

KIPIN School 4.0 merupakan sebuah perangkat berisi aplikasi pendukung pembelajaran yang dibuat untuk menunjang kegiatan belajar siswa mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.

Bupati Afif Nurhidayat mengatakan penggunaan perangkat canggih hasil kolaborasi LPTP Wonosobo Project dan LPTP Solo tersebut, mengakui KIPIN School 4.0 bakal sangat membantu para pelajar. Khususnya dalam rangka mendukung sistem pembelajaran selama masa pandemi global Covid-19.

“Aplikasi KIPIN School 4.0 yang juga dapat diunduh di google playstore ini, buah dari pemikiran kreatif anak-anak bangsa yang ingin turut berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia,” katanya.

Pihaknya sangat bersyukur Dinas Arpusda Wonosobo dapat menyediakan perangkatnya untuk dipergunakan bersama secara luas oleh para pengunjung perpustakaan. Akses bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Kepada jajaran Arpusda, Bupati mendorong agar pemanfaatan KIPIN School 4.0 tidak sebatas sebagai fasilitasi pengunjung. Melainkan juga disosialisasikan agar mereka dapat mengunduhnya. Sehingga bisa dipergunakan di rumah maupun sekolah.

“Para guru pun selayaknya menguasai alat canggih ini. Karena di dalamnya telah tersedia beragam materi pelajaran seperti 2.500 lebih buku sekolah terbitan Kemdikbud Dikti, 1.500 lebih video pendidikan,” paparnya.

Data Terbaru

blank
Aplikasi KIPIN School 4.0 disebut bisa jadi solusi PTM di masa pandemi global Covid-19. Foto : SB/Muharno Zarka

Juga sejumlah 25.000 soal latihan try out dan 200 lebih komik literasi untuk seluruh tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK yang sangat dibutuhkan oleh semua sekolah dan siswa di seluruh Indonesia.

Dengan penguasaan peralatan yang didukung kecepatan akses internet, ditambah keseriusan untuk belajar, ketertinggalan akibat sistem pembalajaran daring yang diterapkan selama masa pandemi global Covid-19 akan cepat dikejar.

“Dan yang tidak kalah penting adalah pemanfaatan program ini, jangan hanya sebatas peresmian saja. Tetapi bagaimana aplikasi ini diimplementasikan untuk kemajuan pembelajaran di Wonosobo,” tandasnya.

Kepala Dinas Arpusda, Musofa, menyebut aplikasi KIPIN School 4.0 juga sangat membantu sekolah untuk bisa mendapatkan materi pelajaran lengkap sesuai dengan kurikulum pendidikan 2013 dan data terus diupdate setiap bulannya.

“Kemudahan lain, adalah dengan aplikasi ini siswa dan guru akan mendapatkan data-data terbaru secara cuma-cuma. Di era modern ini semua bisa dilakukan dengan tehnologi digital,” tandas Musofa.

Tidak hanya itu, Musofa juga menyebut KIPIN School 4.0 juga telah difasilitasi dengan fitur “Download & Go” di mana konten data yang sudah diunduh dapat digunakan tanpa perlu jaringan internet lagi.

“Dengan KIPIN School 4.0 ini diharapkan sekolah dapat menerapkan metode pembelajaran terbaru. Di mana belajar bukan hanya sekadar berhubungan dengan membaca buku atau perangkat tehnologi,” katanya.

Namun, lanjut dia, juga dikuatkan dengan audio visual, latihan soal dan bacaan literasi yang diharapkan dapat membantu menstimulasi penyerapan materi pelajaran lebih maksimal pada era digital.

Muharno Zarka