blank
Dorayaki. Foto: jabar.poskota

(SUARABARU.ID)- Dorayaki adalah kue manis yang berasal dari Jepang. Dorayaki juga termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang. Dorayaki ini bentuknya bundar sedikit oval, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah.

Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, tetapi berbeda bentuk dan cara memanggang.

Seperti dilansir jabar.poskota, di Indonesia kue ini diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri kartun Doraemon di televisi. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki.

Baca Juga: Resep: Roti Bringas

Dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki berisi cokelat atau keju. Adapun cara membuatnya, berikut rangkum cara membuat dorayaki.

Bahan-bahan:

– 130 gram tepung terigu
– 80 gram gula pasir
– 2 butir telur ayam
– 50 mili susu cair
– 1 sendok makan madu
– Setengah sendok teh baking soda.

Baca Juga: Resep Camilan: Cimol Cikruh

Langkah-langkah :

1. Kocok gula pasir dan telor menggunakan whisk sampai gula larut agak kental dan keluar buih.
2. Lalu ayak tepung terigu bersama baking soda supaya bahan tidak ada yang bergerindil.
3. Setelah di ayak. Masukan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telor tadi, aduk menggunakan spatula saja aduk hingga rata.
4. Setelah rata, masukan susu dan madu lalu aduk kembali hingga rata.
5. Setelah rata diamkan adonan sekitar 15 menit.
6. Aduk sebentar setelah 15 menit tadi, ambil adonan menggunakan sendok sayur, lalu tuang ke Teflon. Teflon tidak perlu di tambahkan apapun, masak menggunakan api kecil saja.
7. Setelah bagian bawah sudah terlihat kecokelatan segera balik adonan, balik sebentar saja jangan terlalu lama kemudian angkat.
8. Lalu beri toping sesuai selera.
9. Selamat Mencoba.

Claudia