blank
Hasil undian cabor sepak bola PON XX/Papua, menempatkan Tim Jateng berada di Grup Neraka, bergabung bersama Jatim, Sumut dan Sulsel. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Hasil undian cabang olah raga sepak bola pada penyelenggaraan PON XX/Papua, menempatkan tim Jateng ada di Grup B. Selain Jateng, di ‘Grup Neraka’ ini ada pula tiga tim kuat, Jatim, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Menanggapi hasil undian yang dilakukan secara virtual pada Rabu (1/9/2021) itu, Asisten Manajer Tim Sepak Bola Jateng, Didik Saptiyono, tetap yakin bisa lolos dari Grup B, meski harus bertarung mati-matian.

”Grup B ini Grup Neraka. Namun kita harus yakin, tim Jateng bisa melewati lawan-lawannya nanti,” kata Didik, dalam keterangannya, Kamis (1/9/2021).

BACA JUGA: Level dua, Kabupaten Kendal Mulai Sekolah Tatap Muka

Dia juga menyebut, tiga tim calon lawan Jateng itu, memiliki kekuatan yang seimbang. ”Semua tim memiliki kekuatan merata. Jadi kita akan all out siapa pun lawannya di fase penyisihan grup nanti. Dengan melihat hasil try out anak-anak, saya optimistis lolos dari fase grup ini,” ungkapnya.

Tim sepak bola Jateng sendiri berkekuatan 20 pemain, dan dijadwalkan akan bertolak ke Papua, Rabu (22/9/2021) atau Kamis (23/9/2021).

Cabor Sepak Bola di PON XX/Papua ini diikuti 12 tim, yakni Papua sebagai tuan rumah, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Aceh, Sulawesi Utara, dan Bengkulu.

BACA JUGA: Mahasiswa Hukum Unissula Ikuti PPL di LBH Rupadi

Dari 12 tim itu dibagi ke dalam tiga grup. Masing-masing juara dan runner up grup lolos ke babak 6 Besar. Selanjutnya yang lolos dua terbaik di babak 6 Besar melaju ke babak berikutnya (semifinal dan final).

Di fase penyisihan grup, ada tiga stadion yang digunakan, yakni Stadion Mandala Kota Jayapura untuk Grup A, Stadion Mahacandra Kota Jayapura (Grup B), dan Stadion Barnabas Youwe Kabupaten Jayapura (Grup C).

Sepak bola akan mengawali pertandingan pada Senin (27/9/2021) hingga Senin (4/10/2021) untuk fase penyisihan. Babak 6 Besar dimulai Rabu-Minggu (6–10/10/2021) dilanjutkan babak semifinal Selasa (12/10/2021). Final dan perebutan tempat ketiga dan keempat dilaksanakan pada Kamis (14/10/2021).

Hasil Pembagian Grup Cabor Sepak Bola PON XX/Papua 2020:

GRUP A
Papua
Jawa Barat
Nusa Tenggara Timur
Maluku Utara

GRUP B
Jawa Timur
Sumatera Utara
Jawa Tengah
Sulawesi Selatan

GRUP C
Kalimantan Timur
Aceh
Sulawesi Utara
Bengkulu

Riyan