blank
HM Afief Mundzir SAg MSi, menerima SK dari Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad SH MH, sebagai Kepala pada Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak delapan orang pejabat baru di lingkungan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah, belum lama ini dilantik Kakanwil Kemenag Jateng, Mustain Ahmad SH MH.

Dalam pelantikan itu, HM Afief Mundzir SAg MSi, kini menjabat sebagai Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf. Afief yang alumni Pondok Pesantren Futuhiyyah Suburan, Mranggen, Demak itu, menggantikan Drs H Ahyani MSi, yang kini menjadi Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Ahyani yang menjadi Sekretaris Umum LPTQ Jateng dan Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng itu, menggantikan Drs Moh Saidun, yang menjadi dosen di UIN Walisongom Semarang.

BACA JUGA: HUT ke-20 Partai Demokrat, Anggota FPD DPRD Wonosoobo bagi Paket Sembako

Sedangkan jabatan Kepala Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat Bagian Tata Usaha yang ditinggalkan Afief Mundzir, diisi Nurzaini.

Lalu H Suhadi SAg MSi, yang semula menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Blora, dimutasi menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purbalingga. Kemudian H Hanif Hanani SH MH, yang semula sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sragen dimutasi menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Boyolali.

Ihsan Muhadi SAg MSi (Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukoharjo menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sragen menggantikan Hanif Hanani). HM Kafit SAg MPd (Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Kudus menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Blora menggantikan Suhadi).

BACA JUGA: Dukung PPKM Darurat Level 4, Polres Demak Gencarkan Operasi Pekat

Pejabat lainnya, Drs Muh Mu’alim MPdi (Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Boyolali menjadi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukoharjo menggantikan Ihsan Muhadi).

Sedang Mukhlis Abdillah SAg MH (Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kabupaten Purbalingga menjadi Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang menggantikan Drs H Muhdi MAg).

Upacara pelantikannya sendiri berlangsung di Aula Kanwil Kemenag Jateng, Jalan Sisingamangaraja, Semarang, dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

BACA JUGA: Jateng Bersholawat Virtual Bersama Habib Syech, Bupati Blora Berharap Pandemi Segera Berakhir

Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad dalam sambtannya meminta, para pejabat yang baru dilantik mampu mengenali tugasnya dengan baik. Menemukan cara-cara yang paling efektif, untuk bisa melaksanakan sekaligus menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya di tengah tuntutan kekinian.

Apalagi menurut dia, Kemenag organisasasinya cukup besar. Rentangnya cukup lebar dari pusat sampai daerah, dari Ibu Kota Provinsi sampai ujung kecamatan.

”Khusus kepada Kepada Kepala Bidang Haji dan Umrah, saya sampaikan suasana batiniah jamaah haji, yang dalam dua tahun ini tertunda, untuk terus dilakukan pendampingan. Jamaah perlu terus mendapat informasi dan edukasi dari para penyuluh,” imbuhnya.

Kepada pejabat baru Kabid Penais, Afief Mudzir, dia meminta agar mendayagunakan gerak para penyuluh dalam mengembangkan moderasi agama dan kualitas pengembangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di Jateng.

Riyan