blank
Warga NU Wonosobo antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Wonosobo bekersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dan Polres setempat, Rabu (18/8), menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 bagi warga nahdliyin.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dimulai jam 08.00 hingga pukul 12.00 WIB itu dilakukan di tempat rencana komplek pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Jl HM Soeharto Selokromo Leksono Wonosobo.

Wakil Ketua PCNU Wonosobo Samsul Ma’arif mengatakan jumlah warga NU yang hadir di lokasi vaksin 963 orang namun yang berhasil divaksin baru 742 peserta.

“Sisanya, 221 warga tertunda belum bisa divaksin karena alasan syarat kesehatan tidak memungkinkan untuk mengikuti program vaksinasi dan beberapa peserta ternyata masih di bawah umur 18 tahun,” terang dia.

Vaksin Moderna

blank
Dari 963 warga NU yang hadir di lokasi, baru 742 peserta yang berhasil divaksin. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular DKK Wonosobo Jaelan Sulat menambahkan vaksin yang diberikan bagi warga NU merupakan jenis moderna bukan sinovac, seperti yang sudah diberikan lebih awal bagi warga Wonosobo.

“Vaksin yang diberikan untuk kaum nahdliyin merupakan jenis moderna. Sasaran vaksin tersebut untuk kelompok umur 18 ke atas. Sedang vaksin sinovac bisa untuk umur 12 tahun. Tadi banyak peserta yang datang masih berusia di bawah 18 tahun,” jelasnya.

Peserta vaksin dari kalangan warga NU, sambung Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Wonosobo itu, termasuk cukup banyak. Mereka tampak antusias untuk ikut menciptakan healt comunity (kekebalan kelompok) guna memutus mata rantai pandemi global Covid-19.

“Karena jumlah peserta vaksin cukup banyak, panitia berusaha menerapkan protokol kesehatann (prokes) yang ketat bagi warga yang hadir. Mereka wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar tidak menciptakan kerumunan baru,” tandasnya.

Muharno Zarka-Mul