blank
Wagub Taj Yasin saat memimpin upacara peringatan kermerdekaan RI. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) –  Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen meminta penyintas covid-19 menjadi lakon atau pahlawan di masa pandemic. Dirinya menyampaikan hal itu usai memimpin upacara peringatan HUT kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubernuran, Selasa (17/8/2021).

Wujud kepahlawanan penyintas covid itu, menurut Wagub yang biasa disapa Gus Yasin ini adalah dengan mendonorkan plasma konvalesen, guna membantu pasien covid-19 yang sedang membutuhkan pertolongan.

Dia juga meminta masyarakat Jawa Tengah untuk membantu tenaga kesehatan dalam penanganan covid-19. Seperti jujur dan melaporkan diri ke tenaga kesehatan jika terpapar covid-19.

“Mari kita melaporkan, kita jujur terpapar covid, yuk kita laporkan kepada tenaga medis di mana saja, sehingga semakin banyak orang melapor, semakin banyak orang mau terbuka, maka semakin kecil pintu penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Terapi yang dilakukan oleh tenaga medis, kata Yasin, salah satunya adalah plasma konvalesen. “Maka saya ajak kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah khususnya penyintas Covid-19, yuk kita donorkan, mari kita jadi pahlawan,” ujarnya.

Memperingati hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia diharapkan seluruh warga yang sembuh dari covid-19 bisa rutin mendonorkan plasma konvalesen demi menyelamatkan nyawa pasien covid-19.

Semakin banyak penyintas covid-19 yang melakukan donor plasma konvalesen akan mampu menekan angka kematian terhadap pasien yang terpapar covid-19.

Hery Priyono