blank
Tim roller Jateng terus berlatih di lintasan yang ada di Komplek Stadion Jatidiri, jelang digelarnya PON XX/Papua Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah sembilan atlet sepatu roda Pelatda Jateng yang disiapkan terjun di PON XX/Papua, akan menjalani uji coba ke Yogyakarta, pada pekan ketiga Agustus ini. Diharapkan, dengan program uji coba ini, mental berlomba para roller terasah sehingga semakin matang menghadapi PON.

Ketua Umum Pengprov Porserosi Jateng, Sukirman menjelaskan, dipilihnya Yogyakarta, karena memiliki materi dan kekuatan yang seimbang, bahkan dinilai lebih bagus bila dibanding Jateng.

”Secara umum, anak-anak sangat siap menyongsong PON. Persoalan teknik maupun non-teknik dapat kami atasi. Guna menguatkan spirit bertanding, tentu kita dorong anak-anak untuk uji coba ke Yogyakarta. Apalagi sektor putrinya DIY juga bagus,” kata Sukirman, saat ditemui mendampingi atletnya berlatih di venue Gelora Jatidiri Semarang, Rabu (11/8/2021).

BACA JUGA: Berkat Keberanian Soegiarin Berita Proklamasi Indonesia Mendunia. Simak Video Pengakuan Keluarganya

Sebagai Manajer Tim Sepatu Roda, pria yang akrab disapa Kirman itu memang berkomitmen mendampingi dan memonitor semua atletnya. Sesekali dia berada di pinggir lintasan untuk mengawasi dan memotivasi para atletnya.

”Selama di Yogya, kami menjajal nomor marathon di dekat Pantai Gunung Kidul, untuk menyesuaikan venue dan cuaca yang ada di Papua,” tambah Wakil Ketua DPRD Jateng itu.

Cabang sepatu roda sendiri akan digelar di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura, mulai 27 September 2021. Tim sepatu roda Jateng dijadwalkan bertolak pada 22 September mendatang.

BACA JUGA: Pemeriksaan Sekda Jepara Diusulkan Disiarkan Secara Live

Kirman mengakui, rivalitas cabang sepatu roda di PON diyakini sangat kompetitif. Dia berharap, pihaknya bisa memenuhi target yang diberikan KONI Jateng, yaitu membawa pulang dua medali emas.

Dijelaskannya, roller senior putri Rizki Adyan Prasasti, akan menjadi tulang punggung meraih medali emas. Karena pada penyelenggaraan Pra-PON, atlet yang akrab disapa Kiki itu, menjadi juara.

”Kami menyandarkan harapan medali emas dari nomor 500 meter putri, Beregu Team Time Trial Putra, Point to Point 10.000 meter Putri. Namun nomor lain tetap punya kans. Kami akan menanti kejutan,” tandasnya.

BACA JUGA: ISRO Gagal Luncurkan Satelit Observasi Bumi

Pada PON ini Jateng akan mengikuti nomor 500 meter ITT, 500 meter dan 1.000 meter sprint, 10.000 meter Point to Point, 15.000 meter eliminasi, 42 km marathon, 3.000 meter relay dan 5.000 meter TTT.

Sementara itu, dalam latihannya yang dilakukan Rabu (11/8/2021), atlet roller mendapatkan kunjungan dari Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana bersama jajaran Pengurus Harian KONI.

Pada kesempatan itu, Bona meminta kepada para atlet untuk tetap menjaga kesehatan, fokus latihan, patuh pada protokol kesehatan dan memiliki semangat tempur, agar bisa meraih prestasi maksimal di PON nanti. ”Untuk persoalan insentif atlet yang tertunda, akan segera kami cairkan,” janjinya.

Daftar Atlet Sepatu Roda Pelatda PON:
1. Rizki Adyan Prasasti
2. Monica Sylvia Rahman
3. Abigail Guinevere Puteri Nimas
4. Disna Ayu Luhutia
5. Yanuar Tri Pamungkas
6. Viero Abimanyu
7. Mochamad Zulfikar
8. Hagai Ariel Arswanda
9. Dava Pramudya

Riyan