blank
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat memberikan sambutan.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol) Kabupaten Kendal, menggelar acara “Rapat Koordinasi Pembentukan Relawan Masker” di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis(12/08/20210.

Hadir pada acara ini, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Sekda Kendal Moh Toha, Forkopimda dan Kepala OPD terkait.

“Hari ini kami akan merekrut relawan masker. Dengan tujuan untuk pendisiplinan penggunaan masker di setiap desa/ kelurahan dalam rangka percepatan penangan Covid-19 di wilayah Kabupaten Kendal,”kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Dico mengaku, pihaknya akan fokus untuk merekrut relawan, karena dirinya tidak bisa berjalan sendiri untuk memerangi penyebaran Covid-19 yang belum kunjung selesai ini, meski sudah agak menurun angka positif Covidnya.

“Kami harus melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam meningkatkan kesadaran penggunaan masker. Semoga pembentukan relawan ini banyak masyarakat yang terlibat, agar seluruh lapisan masyarakat merata menggunakan masker,”ujar Dico.

Menurut Dico, Kabupaten Kendal sekarang kondisinya sudah lebih baik, berkat kerja keras dan kolaborasi dari seluruh pihak yang terlibat. Bahkan, pengendalian Covid-19 beberapa hari ini bisa terjaga dengan baik dengan melihat angka keterisian tempat tidur alias Bed Occupancy Rate (BOR) yang sekarang sudah di level 20 persen.

Selain itu, pasien Covid-19 di Kabupaten Kendal juga sudah turun drastis dari 1600 sekarang sudah turun diangka 500. Meski demikian, Dico meminta semua pihak tetap harus waspada, karena Covid-19 ini bisa bermutasi dengan sendirinya dalam situasi apapun.

“Saya mengetahui bahwa, antusias masyarakat Kendal tinggi sekali dalam pengendalian Covid-19. Dan kami mengapresiasi kepada seluruh pihak yang sudah berkoordinasi dengan baik. Hanya saja kendala yang ada di Kabupaten adalah stok vaksin yang sangat terbatas,”papar Dico.

Namun demikian, Dico tidak patah semangat dan pihaknya tetap berkoordinasi terus dengan Provinsi dan Pemerintah Pusat, untuk memastikan bahwa stok vaksin di Kendal bisa terpenuhi karena target pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kendal adalah untuk meningkatkan herd immunity atau kekebalan sosial.

Sekda Kendal Moh Toha, mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah Kabupaten Kendal akan melakukan vaksinasi minimal terhadap 70 persen masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal.

“Sampai hari ini, Pemerintah Kabupaten Kendal sudah melakukan vaksinasi sebanyak 200 ribu. Harapannya, kedepan sentra vaksinasi ini akan kami lakukan di 30 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kendal,”tutur Sekda Kendal, Moh Toha.Sp