blank
Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun (Ketua Umum DPP LVRI). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI), meminta semua anggotanya untuk turut berjuang melawan coronavirus disease 2019 (covid-19). Hal itu harus dilakukan, agar bangsa ini terbebas dari wabah yang melanda Tanah Air sejak Maret 2020, dengan mendukung kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi covid-19.

”Oleh karena itu, pada Hari Veteran Nasional (Harvetnas) tahun ini, kami memilih tema ‘LVRI Siap Membantu Pemerintah Menangani Coronavirus Disease 2019’,” kata Ketua Umum DPP LVRI, Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun, pada peringatan Harvetnas 2021 secara virtual, Selasa (10/8/2021).

Dijelaskan pula, tema ini dipilih sebagai dukungan LVRI terhadap kebijakan pemerintah, khususnya menghadapi pandemi covid-19.

BACA JUGA: Bupati Kendal Akan Carikan Solusi Kuota Subsidi BBM untuk Nelayan

Mayjen Saiful Sulun mengemukakan hal itu secara daring dari Gedung Veteran RI Graha Purna Yudha, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Sedangkan 1.000 anggota veteran DPD/DPC LVRI dan PP/PD/PC Pemuda Panca Marga (PPM) seluruh Indonesia, mengikuti peringatan Harvetnas melalui aplikasi Zoom Meeting, di daerahnya masing-masing.

”Meskipun peringatan Harvetnas 2021 dilakukan secara virtual, namun semangat kebersamaan tetap dapat terjaga. Semangat bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh tetap terpatri di dada semua insan veteran Republik Indonesia,” imbuh Saiful Sulun.

Dia juga berpesan kepada anggota LVRI se-Indonesia, untuk tetap menjaga semangat keveteranan, meski dalam kondisi apa pun, termasuk dalam menghadapi bahaya pandemi covid-19 saat ini.

BACA JUGA: Tepat Malam 1 Suro, Perempuan dengan Gangguan Jiwa Itu Nekat Terjun ke Sumur

Dikemukakan juga, peringatan Harvetnas setiap tanggal 10 Agustus ini, merupakan wujud penghargaan, terutama kepada para veteran pejuang kemerdekaan. Hal ini mengingat perjuangan dan pengorbanan mereka, pada masa revolusi fisik hingga tercapainya kemerdekaan, adalah bukti nyata bentuk pengabdian tanpa pamrih.

”Untuk itu, kita wajib berterimakasih kepada para veteran pejuang kemerdekaan. Mereka telah mewariskan kepada kita dan generasi muda, suatu nilai yang amat luhur,” terang dia lagi.

Pada kesempatan itu, dia mengapresiasi jajaran TNI/Polri dan Satpol PP atas kerja keras dalam ikut menegakkan disiplin masyarakat, untuk patuh melaksanakan protokol kesehatan (prokes) berupa 5 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas).

BACA JUGA: Wakil Bupati Kebumen Suntikkan Vaksin ke Penyandang Disabilitas

Menurut Saiful Sulun, hanya dengan prokes itulah masyarakat bisa melindungi diri dan mencegah penularan covid-19. Dalam hal ini, veteran harus bisa menjadi teladan dalam mendukung kebijakan pemerintah mengenai penanganan covid-19.

”Mari kobarkan semangat gotong royong dan saling menolong sesama warga bangsa. Hanya dengan semangat kebersamaan, kita bisa mengatasi pandemi covid-19 ini,” tandas Saiful Sulun.

Riyan