blank
Sebastian Risse/dok

(SUARABARU.ID) – Tim Red Bull KTM menargetkan motor menjadi lebih cepat pada paruh kedua MotoGP 2021 yang kembali bergulir pada 8 Agustus 2021.

Paruh pertama menjadi awal musim yang kurang mulus buat KTM.

Namun, kehadiran Miguel Oliveira mampu memberikan pelecut semangat untuk KTM karena berhasil meraih satu kemenangan, dan dua kali podium dalam empat seri balapan terakhir.

Pabrikan Austria ini telah kehilangan konsesinya pada 2021, dan karena itu KTM perlu mengatur ulang pekerjaan rumahnya seperti yang dikatakan direktur teknis mereka, Sebastian Risse.

‘’Tim kami sedikit ditata ulang. Perbaikan motor jadi fokus utama,’’ ujar Risse seperti dilansir dari Tuttomotoriweb.

Motor RC16 versi 2021 telah diperbarui hampir di semua area. Sejauh ini motornya bekerja dengan baik.

KTM mengawali perbaikan pada hal-hal detail dengan memperhatikan feeling pada ban yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

‘’Kami melakukan segala hal yang bisa diperbuat untuk mengatasi situasi ini, menjadi lebih cepat selama musim balapan berjalan, berupaya melakukan pengembangan, dan tidak menyimpang dari rencana,’’ jelas Risse.

Titik balik KTM terjadi pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello ketika Oliveira meraih podium untuk kali pertama pada musim ini.

Semua itu berkat pembaruan sasis dan bahan bakar ETS yang baru. Dua hal tersebut yang membantu Oliveira meraih kemenangan di Catalan dan finis kedua di Sachsenring.

‘’Para pembalap memerlukan kepercayaan diri dan sensitivitas terhadap ban depan, serta belakang untuk bisa mendapatkan sentuhan lebih,’’ ungkap Risse.

Dia menambahkan motor berjalan sangat cepat sekarang. Bahan bakar baru memberikan dorongan ekstra yang diperlukan KTM untuk memperoleh kecepatan khususnya dari sudut pandang pengiriman tenaga.

‘’Ini adalah langkah terbesar dalam pengembangan yang pernah kami lakukan di industri ini,’’ tandasnya.

Paruh kedua akan dibuka di MotoGP Styria pada 8 Agustus 2021, disusul MotoGP Austria sepekan kemudian.

rr