blank
Petinggi Kecapi, Sukambali (Foto : Eko )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dolanan tradisional tak lagi menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, Bahkan kemudian ditinggalkan dan tidak dikenal  lagi  oleh anak-anak. Padahal dolanan tradisional ini efektif untuk membangun  karakter dan bahkan kreatifitas anak-anak.

Karena  tidak ingin  dolanan itu musnah ditelan jaman, Petinggi Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan Jepara,  Sukambali bersedia menjadi Ketua Official KPOTI Jepara untuk persiapan menghadapi POTRADNAS yang akan diselenggarakan 2-5 September 2021. Sukambali ditunjuk oleh pengurus KPOTI Jepara menjadi official tim.

blank
Permainan tradisional bandring / ketapel akan menjadi salah satu kontingan Jepara. (Foto: Eko )

“Saya sangat menyukai permainan tradisional. Semasa kecil bahkan menjadi satu-satu permainan anak-anak. Karena itu saya sangat ingin dan mendukung usaha menjadikan dolanan tradisional kembali disukai oleh anak-anak kita, termasuk kelompok milenial,” ujar Sukambali ketika  dihubungi SUARABARU.ID saa  menunggui latihan kontingen Jepara di Joglo Playon (Mutia Vie) yang beralamat di Desa Senenan RT.

Permainan tradisional menurut Sukambali  sangat kaya nilai, termasuk kerja sama, sportivitas, kreativitas dan bahkan budaya. Karena itu efektif untuk membangun karakter anak. Ini berbeda dengan teknologi informasi yang justru membuat anak seperti kecanduan dan abai dengan lingkungannya,” papar Sukambali.

Ia berharap keikutsertaan perdana KPOTI Jepara, dalam perebutan Piala Kemenpora  bulan September tahun ini dapat menjadi motivasi  bagi siapapun, utamanya kalangan pendidiik  untuk menumbuhkan kembali kecintaan anak pada dolanan. “Syukur malahan jika  bisa mendapatkan piala,” ujar Sukambali.

Terkait dengan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) VIII 2021,  Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Jepara  tengah mempersiapkan kontingen.

“Direncanakan  Tim KPOTI Jepara, mengirim 2 cabang olah raga tradisional. Kontingen Jepara terdiri dari 1 tim cabang olah raga Egrang dan 1 Tim Ketapel, untuk mewakili provinsi Jawa Tengah. Tim Egrang dengan 3 personil dilatih oleh Den Hasan dan Tim Ketapel dilatih oleh Gus Poe,” ujar Ketua Umum KPOTI Jepara Ahmad Kholik selaku pengurus KPOTI Kabupaten Jepara.

Hadepe –Alvaros – Eko