Berkunjung ke Gunung Gajah, Kaligesing, kita bisa berfoto ria di atas awan. Foto: Widiyartono R.

PURWOREJO merupakan wilayah yang beruntung. Dia punya alam berupa pantai di selatan dan punya alam pegunungan di sisi utara dan timur laut.

Alam di kawasan Pegunungan Menoreh dikenal punya pemandangan yang indah. Misalnya did aerah Kaligesing,yang dikenal sebagai penghasil durian dan sentra ternak kambing peranakan etawa.

Ada sebuah tempat di ketinggian 835 meter di atas permukaan laut, bernama Gunung Gajah, di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Sebuah tempat yang asri, sejuk, dengan hutan pinus dan kabutnya. Bahkan, kita bisa berjalan di atas awan, melalui papan-papan kayu yang ditata, menuju tempat berselfi ria.

Untuk menuju ke tempat ini bisa dari Purworejo, kemudian melalui jalan menanjak dan berkelak-kelok. Pemandangan di perjalanan tentu sangat menyenangkan. Alam pedesaan dengan penduduk yang ramah, rumah-rumah yang khas, dan kebun serta sawah yang luas.

Bisa juga dari arah Borobudur melewati wilayah Kulonprogo, Pemandsangan di sini juga tak kalah indah, karena menyuguhkan suasana alam Pegunungan Menoreh yang hijau. Kemudian ketika sampai alur Wates-Borobudur, kita akan meleeati pinggiran Kali Progo sampai Borobudur.

Gunung Gajah atau ada punya sebutan Argo Liman, berkembang menjadi sebuah destinasi menarik. Dulu, tempat ini dikenal seagai kawasan yang gersang, dengan lingkungan yang rusak. Tetapi, ketika ada kesadaran untuk mulai menanam dan menghijaukan kawasan, makan berubahlah tempat ini menjadi seperti yang sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here