blank

SEMARANG – Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang melaksanakan pengambilan sumpah Ners untuk angkatan yang Ke-12 periode tahun 2021 yang dilaksanakan di kampus Kaligawe (28/7/2021).

Pengambilan sumpah Profesi Ners ke XI tahun 2020 adalah sebanyak 103 orang lulusan. Sedangkan Program Pendidikan Profesi Ners XII tahun 2021 ini diikuti oleh sebanyak 101 orang. Sampai dengan pengambilan sumpah Ners yang ke- 12 tahun 2020 Fakultas ilmu Keperawatan telah meluluskan sebanyak 1.078 orang lulusan.

Ada tiga lulusan terbaik dengan IPK 4.0 mereka adalah Muhamad Choyrul Huda, Elfi Khofsoh, dan Hani Nurmalasari. Lulusan Profesi Ners angkatan ke 12 ini sangat istimewa karena telah bekerja bahkan sebelum diambil sumpah sebagai Ners. Mereka telah bekerja di beberapa Rumah Sakit berikut: Sari asih Corporate, 7 Cabang RS sebanyak 40 lulusan. RSI Sultan Agung sebanyak 20 lulusan. RS Keluarga Sehat pati sebanyak 15 lulusan. RS Omni sebanyak 5 lulusan. RS Karyadi sebanyak 1 lulusan. RS Bakti Asih Brebes sebanyak 1 lulusan. Rumah Sakit Hermina Semarang sebanyak 1 lulusan. Rumah sakit Harapan Kita Jakarta sebanyak 1 lulusan. Rumah Sakit Primaya sebanyak 5 lulusan. Bekerja di kota masing masing sebanyak 10 lulusan. Melanjutkan Sekolah untuk mengambil Magister Keperawatan sebanyak 2 lulusan.

Dekan FIK Unissula Iwan Ardian SKM MKep dalam sambutannya menyatakan rasa syukur sekaligus bangga akan capaian para lulusan profesi Ners ini. “Adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita bahwa Program Ners Unissula berhasil lulus 100% untuk dalam dua tahun terakhir dan berhak mendapatkan penghargaan Diamond tertinggi I tingkat nasional dengan kategori peserta lebih dari 100”, ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Dr Umar Ma’ruf SH SpN MHum dalam sambutannya menyemangati para peserta sumpah Ners untuk terus berprestasi dalam profesinya sebagai perawat terlebih di era pandemi seperti saat ini. “Posisi anda memiliki tanggung jawab moral sumpah yang tadi anda ucapkan agar bisa diejawantahkan sebaik baiknya dalam pekerjaan. Teruslah memberi manfaat kepada orang lain sebagaimana yang sabdakan dan diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu sebaik baik kalian adalah yang paling banyak memperi manfaat pada manusia lainnya”, ungkapnya.

Ia juga memuji kinerja jajaran Fakultas Ilmu Keperawatan yang terus berhasil meraih berbagai prestasi di level nasional. “Kami mengucapkan terimakasih kepada pimpinan FIK Unissula yang berhasil mempertahankan tradisi lulus 100%. 101 lulusannya sudah langsung kerja ini juga prestasi yang luar biasa dan bisa menjadi motivasi bagi yang lain”, pungkas Umar Ma’ruf.