blank
Dengan menerapkan prokes ketat, semua petugas penyembelihan dan pencacahan hewan kurban melakukan tugasnya didampingi Tim Satgas Covid-19 dan aparat kepolisian. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada perayaan Idhul Adha tahun ini, menyembelih sebanyak 10 ekor sapi dan 13 kambing. Seluruh daging kurban selanjutnya didistribusikan untuk masyarakat sekitar dan karyawan.

Penyembelihannya sendiri baru dilaksanakan Kamis (22/7/2021), dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu juga, telah dilakukan swab kepada semua panitia termasuk tim penyembelihan dan pencacahan daging. Selama proses penyembelihan juga diawasi Satgas Covid-19 dan aparat kepolisian.

”Ini protap ketat yang harus kami lakukan, agar kegiatan ini tidak menjadi klaster baru covid-19,” kata Ketua Panitia Kurban, Dr KH Nur Khoirin MAg, dalam keterangannya di sela-sela kegiatan penyembelihan.

BACA JUGA: Seorang Warga Temukan Granat Nanas di Teras Rumah

Dijelaskan dia, dari seluruh hewan kurban yang dikelola, menghasilkan 3.000 bungkus daging kurban. Sedangkan hewan kurban yang terkumpul, berasal dari masyarakat berupa 10 sapi dari PT Pelindo, PT Djarum, Rektor Udinus, BPN Jateng, Baznas RI, PT SPHC, Gubernur Jateng, Bank Jateng, Dinas Pusdataru Jateng dan Walikota Semarang.

Sedangkan kurban yang berupa kambing, tercatat dari PT SPJT, Budi Haryanto (Bogor), PT Prima Mitra Laksana, DLHK Jateng, Dirga Asmara.

Kemudian ada pula Didik Dwi Santoso, KH Ahmad Darodji, Ibu Mufnetty, Amadea Izzati, Raesa Savira, Magani binti Vidi Satriya Nugroho, BTN syariah, Harsono dan BNI undip.

”Kami menyampaikan terima kepada masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada MAJT, untuk mengelola hewan kurban. Daging kurban selanjutnya didistribusikan ke masyarakat,” tambah sekretaris PP MAJT Drs Muhyiddin MAg.

Riyan