Rektor Prof Jamal Wiwoho (paling kanan)  didampingi Ketua Takmir Masjid Nurul Huda UNS Prof Ahmad Yunus (paling kiri) tengah menyerahkan sapi kurban  kepada petugas untuk disembelih dalam rangka peringatan Idul Adha 1442 H pada acara yang berlangsung di pelataran parkir Masjid Nurul Huda Kampus Ketingan Solo , Rabu (21/7). (Dok/UNS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Hewan kurban sebanyak 25 ekor terdiri atas 16 sapi dan Sembilan kambing disembelih di di pelataran parkir Masjid Nurul Huda Kampus UNS, Kentingan Solo, Rabu 21 Juli 2021.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan penyembelihan hewan kurban dalam rangka peringatan Idul Adha 1442 H dengan prioritas penerima daging kurban pegawai kontrak dan masyarakat sekitar kampus. Jumlah penerima sebanyak 1.900 orang.

Rektor Prof Jamal Wiwoho didampingi Ketua Takmir Masjid Nurul Huda UNS Prof Ahmad Yunus ketika ditemui usai acara mengatakan, acara yang berlangsung merupakan kegiatan kurban bersama pimpinan UNS dalam rangka Idul Adha 1442 Hijriah.

Hewan kurban yang disembelih  berasal dari rektor, jajaran wakil rektor, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) UNS, Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor UNS, Fakultas Pertanian (FP) UNS, BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, BPD Jateng, BSI, dan Bank Permata.

Daging hewan kurban  akan dibagikan kepada pegawai kontrak UNS dan masyarakat di sekitar kampus. “Insyaallah kurban kita bisa diterima sebagai perpaduan ibadah dan muamalah. Ibadahnya karena perintah Allah SWT dan muamalahnya hewan kurban yang kita sembelih untuk mereka yang berhak mendapatkan dan kita harapkan. Ada sekitar 900 pegawai kontrak dan 1.000 masyarakat di sekitar sini,” jelas Prof Jamal.

Masih dalam kesempatan sama Ketua Takmir Masjid Nurul Huda  UNS Prof Ahmad Yunus mengatakan, penerima daging kurban untuk tahun ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu tidak seluruh warga sekitar UNS mendapatkan daging korban.

Tetapi tahun inin direncanakan terdapat 1.900 penerima daging korban.  Dari jumlah tadi 900 orang di antaranya bekerja di UNS, terdiri pegawai berstatus tenaga kontrak, Satpam, cleaning service, dan  petugas pembersih.

Sisanya 1.000 paket diserahkan kepada masyarakat di sisi Barat, Utara dan Timur serta depan kampus UNS . Sehingga kita bisa memberikan  suatu tanggung jawab sosial bersama kepada lingkungan kampus ini .

“Insyaalah siang ini bisa diselesaikan. Penyembelihan kurban berlangsung di dua tempat. Yang satu  masjid Nurul Huda  menyembelih tiga ekor sapi dan dua ekor kambing. Tempat kedua berada di Utara kampus menyembelih 12 ekor sapi  dan tujuh kambing,” terangnya.

Bagus Adji

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here