MAGELANG (SUARABARU.ID)PWI Kota Magelang membentuk ‘Satgas Jogo Wartawan’,  dan aktif membantu wartawan terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan diberikan kepada mereka yang terkonfirmasi positif atau belum terkonfirmasi tapi tengah menjalani isolasi mandiri.

Ketua PWI Kota Magelang, Wiwid Arif Setyoko mengatakan, Satgas Jogo Wartawan merupakan program yang digaungkan PWI Provinsi Jawa Tengah, tujuannya untuk membantu para awak media yang terdampak pandemi.

Tidak hanya membantu saat terpapar saja, tapi juga sebagai sarana untuk saling mengingatkan agar dalam bekerja jurnalistik selalu melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

‘’Satgas Jogo Wartawan PWI Kota Magelang baru terbentuk beberapa hari lalu dan langsung bergerak mengumpulkan donasi,’’ terangnya.

Setelah beberapa hari open donasi, lanjut wartawan Magelang Ekspres, dana yang terkumpul langsung diserahkan kepada rekan-rekan wartawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 maupun yang belum, tapi tengah menjalani isoman.

Ketua Satgas Jogo Wartawan PWI Kota Magelang, Ch Kurniawati menambahkan, satgas ini memiliki peranan sangat penting untuk saat ini. Mengingat pandemi Covid-19 berdampak pada aktivitas jurnalistik para awak media yang dilakukan hampir setiap hari.

‘’Wartawan sangat berisiko terpapar Covid-19. Karena kita bekerja di lapangan, bertemu banyak orang, dan tak jarang harus ke tempat keramaian. Maka tak heran kalau di antara teman kita ada juga yang terpapar atau belum terpapar tapi menjalani isoman,’’ ungkapnya.

Dalam penggalangan dana ini, tambah Wartawan Radio Elshinta, dilakukan secara internal anggota PWI maupun eksternal dengan menggandeng pihak lain. Tak menutup kemungkinan juga menerima sumbangan dana dari instansi baik pemerintah maupun swasta.

‘’Kemarin kita sudah salurkan bantuan kepada beberapa rekan kita yang sedang isoman dan sakit. Bantuan ini diharap dapat meringankan beban rekan kita dan kita bisa saling menguatkan satu sama lain, sehingga ke depan bisa bekerja jurnalistik lagi,’’ imbuhnya.

 

Doddy Ardjono

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here