blank
Foto: dok/ilustrasi/mohamed Hassan
blank
H Musta’in Ahmad (Kakanwil Kemenag Jateng).
 Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah, H Musta’in Ahmad mengatakan, pihaknya telah menyiapkan naskah khotbah Idul Adha 1442 H, yang bisa dipakai untuk Shalat Id di rumah masing-masing.

”Kanwil Kementerian Agama sudah menyiapkan naskah khotbah yang sederhana, dan bisa dipakai orang awam. Jadi kita upayakan ada panduan, dan panduan atau naskah khotbah Idul Adha segera kita sebarluaskan ke masyarakat,” kata Musta’in dalam keterangannya di Semarang, Jumat (16/7/2021).

Demikian juga terkait dengan tata cara pelaksanaan Shalat Idul Adha di rumah, pihaknya juga sudah menyiapkan video animasi, dengan harapan masyarakat juga bisa mengikuti atau melaksanakan Shalat Id di rumah dengan mudah.

BACA JUGA: Persediaan Oksigen di Rumah Sakit Rujukan Masih Aman

”Selaku Kepala Kanwil Kemenag, sebagaimana Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021, sejalan dengan anjuran atau imbauan dari MUI Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2021 tanggal 15 Juli tahun 2021. Maka kami mohon, untuk umat Islam di Jawa Tengah melaksanakan Shalat Id di rumah masing-masing,” harapnya.

Menurut Musta’in, apa yang menjadi pemikiran dan pedoman pemerintah maupun ulama, dalam hal ini MUI, sudah sama, yaitu kondisinya sedang dalam keadaan darurat.

”Kita harus mendahulukan menjaga keselamatan jiwa, salah satunya dengan cara Shalat Id di rumah. Nah, itu tentu diawali juga dengan takbir mengagungkan kebesaran nama Allah juga dari rumah,” jelas dia.

BACA JUGA: Warga Terpapar Corona 3.292 Orang

Sedangkan untuk takbir bersama, keliling, arak-arakan dengan kendaraan atau berjalan kaki, untuk sementara ditiadakan. Semua takbiran di rumah,” imbuh dia.

Sementara itu, tiga masjid di Kota Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya Semarang, Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Jalan Pandanaran 126, Simpanglima Semarang dan Masjid Agung Semarang (MAS) Alon-alon Barat, Kauman, Semarang, sepakat meniadakan Shalat Id.

Riyan