blank
churros. Foto: jabar.poskota

(SUARABARU.ID)- Churro atau churros adalah sejenis makanan tradisional kecil yang berasal dari negeri matador, Spanyol. Kue ini memiliki bahan utama yaitu tepung terigu dan dibentuk sedemikian rupa sehingga berbentuk memanjang.

Seperti dilansir jabar.poskota, siapa yang tak kenal dengan Churros? Adonan donat goreng yang berbentuk seperti pipa ini sudah menjadi salah satu kudapan yang dipilih masyarakat Indonesia pada saat senggang.

Bahan churros:

– 40 gram mentega
– 125 ml air
– 1 sdt gula pasir
– Sejumput garam
– 75 gram tepung serbaguna
– 1 butir telur besar

Baca juga: Resep: Nasi Briyani Ala Timur Tengah

Bahan taburan:

– 3 sdm gula kastor
– 1 sdt kayu manis bubuk
– Saus dunking cokelat:
– 200 gr cokelat batang
– 1 gelas susu cair
– 1 sdm tepung maizena
– 2 sdm gula

Saus cokelat:

– 60 gram kental manis putih
– 40 cc susu cair
– 30 gram cokelat bubuk
– 1 sendok teh minyak sayur
– tepung maizena secukupnya (untuk mengentalkan saus)
– air secukupnya (untuk mengencerkan maizena)

Baca Juga: Resep: Mango Sticky Rice

Cara membuat churros:

1. Letakkan gula, garam, air, dan margarin di dalam panci. Setelah itu masak hingga leleh dan meletup-letup.
2. Masukkan tepung terigu dan aduk rata. Setelah itu nyalakan api kembali dan masak sekitar 2 menit. Angkat dan sisihkan sampai adonan dingin.
3. Setelah adonan dingin, masukkan telur dan aduk sampai benar-benar tercampur rata. Tekstur adonan ideal adalah yang tidak terlalu lembek.
4. Masukkan adonan ke dalam piping bag atau kantung plastik yang sudah dilubangi salah satu ujungnya. Pasangi spuit, kemudian masukkan ke dalam plastik lain. Gunting bagian bawahnya agar adonan bisa disemprot.
5. Panaskan minyak lalu tekan piping bag sambil digerakkan agar terbentuk churros yang panjang. Kira-kira ukuran churros 3-5 cm. Setelah itu goreng sampai churros berwarna coklat keemasan.
6. Angkat churros yang sudah matang dari penggorengan, kemudian tiriskan minyaknya. Setelah churros sudah tidak terlalu panas, guling-gulingkan ke bahan taburan.
7. Untuk membuat saus cokelat, campur semua bahan kemudian masak di atas kompor hingga mendidih. Terakhir tambahkan maizena dan aduk lagi hingga mendidih.

Ant-Claudia