blank
Wali Kota Semarang Hendrar  Prihadi berkunjung ke Kodam IV/Diponegoro membicarakan tknis vaksinasi bersama Pangdam Mayjen TNI Rudianto. Foto: ISt

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Kota Semarang Jumat 16 Juli 2021 esok.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, kehadiran Panglima TNI dan Kapolri tersebut di ibu kota Jawa Tengah untuk meninjau progres vaksinasi di beberapa titik sentra vaksin.

Pasalnya, Kota Semarang menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan alokasi vaksin dari TNI dalam upaya percepatan vaksinasi di Indonesia. Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut mengatakan, Kodam IV/Diponegoro mengalokasikan vaksin TNI sekitar 2.000 per hari.

Diterangkan Hendi, alokasi vaksin dari Kodam IV/ Diponegoro tersebut akan digunakan untuk keperluan vaksinasi di dua titik sentra vaksin, yaitu di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Wahid Hasyim.

“Insya Allah kita bisa mulai vaksinasi di UNNES dan UNWAHAS mulai Jumat, kemarin kami dari Pemerintah Kota Semarang juga sudah menghadap Panglima di Kodam untuk mendapatkan arahan dari beliau,” kata Hendi.

Dari dua lokasi tempat tersebut, masing – masing sentra vaksin ditargetkan mendapatkan alokasi vaksin TNI sebanyak 1.000 vial per hari.

Dengan adanya dukungan dari TNI dan POLRI  untuk meningkatkan progres per hari vaksinasi di Kota Semarang itu, Hendi pun meyakini wilayah yang dipimpinnya tersebut dapat semakin cepat mengejar kodisi kekebalan kelompok, atau herd immunity.

Untuk itu diharapkannya proses vaksinasi di dua universitas yang didukung oleh Kodam IV/ Diponegoro tersebut dapat berjalan lancar.

“Arahan Panglima nanti kita kolaborasi dengan universitas, dinas kesehatan kota, Polda Jawa Tengah, dan Kodam IV/Diponeogoro akan bergerak bersama untuk mempercepat progres vaksinasi per hari di Kota Semarang,” ujarnya.

Adapun turunnya vaksin dari TNI untuk Kota Semarang tersebut didapatkan setelah Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Rudianto dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi mendatangi Hendi di Balaikota Semarang, Selasa (13/7/2021).

Dalam pertemuan tersebut baik Pangdam maupun Kapolda menegaskan kepada Hendi akan komitmen TNI dan POLRI dalam membantu penangangan COVID-19 di Kota Semarang, termasuk salah satunya memberikan suplai vaksin.

Pertemuan itu kemudian ditindaklanjuti Hendi dengan secara khusus menghadap Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto untuk membicarakan terkait teknis penggunaan vaksin TNI di Kota Semarang.

Dari pembicaraan tersebut disepakatilah pendirian dua sentra vaksinasi baru di Kota Semarang, yaitu di UNNES dan UNWAHAS yang akan didukung suplai vaksin dari Kodam IV/ Diponegoro.

Hery priyono