blank
Secara simbolis, salah satu siswi SMPN 1 Kertek Wonosobo mengikuti MPLS virtual. Foto: dok/ist

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari pertama, Senin (12/7/2021), di tingkat SD dan SMP di Kabupaten Wonosobo, berjalan lancar. Namun partisipasi siswa baru dalam MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022, belum mencapai 100 persen.

blank
Slamet Faizi (Kabid Bangkurdalmut Disdikpora Wonosobo). Foto: dok/ist

Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum dan Pengendalian Mutu (Bangkurdalmut) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Wonosobo, Slamet Faizi menyebut, ada 460 SD dan 105 SMP yang menggelar MPLS pada tahun ini.

”Dari sekolah sebanyak itu, ada 8.261 siswa baru SD dan 6.435 siswa baru SMP yang mengkuti MPLS online. Karena masih dalam pandemi global covid-19, seluruh kegiatan MPLS diselenggarakan secara virtual,” katanya.

BACA JUGA: DPRD Jepara Pantau Vaksinasi, Pastikan Ketersediaan Vaksin

Kendala yang dihadapi sekolah, lanjut dia, belum semua siswa baru berpartisipasi dalam MPLS virtual, karena kendala teknis. Seperti anak belum punya HP, punya HP tapi tidak ada kuota internet, dan tidak adanya sinyal yang memadai untuk melakukan MPLS secara virtual/online.

Kepala SMPN 2 Wonosobo, Saryono melaporkan, dari sebanyak 250 siswa baru, yang aktif mengikuti MPLS baru 235 siswa. Sedang 15 siswa baru belum mengikuti kegiatan dengan berbagai kendala tehnis yang ada.

Kepala SMPN 4 Kertek, Slamet Riyadi menambahkan, keterlibatan siswanya dalam MPLS virtual sudah mencapai 95 persen. Siswa baru yang tidak mengkuti acara itu, karena alasan tidak punya HP.

BACA JUGA: Jateng Alami Penurunan Angka Kematian dan Peningkatan Kesembuhan

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kertek Ellna Amperawati menyatakan, kegiatan MPLS virtual hari pertama dilakukan melalui zoom meeting, untuk menginformasikan seputar profil sekolah, penyampaian wawasan wiyata mandala dan perkenalan dengan guru.

Di SDN 1 Wonosobo, Turdiyati, selaku Kepala Sekolah menyebutkan, siswa-siswi baru dikenalkan melalui tayangan video, yang menyajikan gambaran lingkungan sekolah, literasi perpustakaan, pendidikan agama Islam, kegiatan pramuka, tata krama di sekolah dan wawasan lingkungan.

Muharno Zarka-Riyan