blank
Harmoko. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Kabar duka datang dari keluarga H Harmoko, mantan Menteri Penerangan era Presiden Soeharto. H Harmoko dikabarkan meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (4/7/2021).

Innalillahi wa innailahi rojiun, telah meninggal dunia Bapak H Harmoko bin Asmoprawiro, pada hari Minggu 4 Juli jam 20.22, WIB di RSPAD Gatot Subroto. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau, dan mohon doanya Insya Allah beliau husnul khotimah,” demikian pesan melalui WhatsApp yang diterima suarabaru.id, Minggu (4/7/2021) malam.

Harmoko merupakan politikus yang pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia di masa Orde Baru. Dia juga sempat menjabat sebagai Ketua MPR pada masa pemerintahan BJ Habibie.

BACA JUGA: Tiga Masjid Besar di Kota Semarang Sepakat Tiadakan Shalat Jumat

Harmoko lahir di Patianrowo, Nganjuk, Jawa Timur, 7 Februari 1939. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia, dan kemudian menjadi Menteri Penerangan di bawah pemerintahan Soeharto.

Sebagai menteri Penerangan, Harmoko mencetuskan gerakan Klompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan), yang dimaksudkan sebagai alat untuk menyebarkan informasi dari pemerintah.

BACA JUGA Ingat Pak Harmoko, Ingat ‘Menurut Petunjuk Bapak Presiden’

Terakhir dia menjabat sebagai Ketua DPR/MPR Periode 1997-1999 yang mengangkat Soeharto selaku presiden untuk masa jabatannya yang ke-7.

Riyan