blank
Ganjar Pranowo saat mendampingi kunjungan Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BNPB di Kabupaten Kudus, Kamis (17/6/2021). Foto: dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID)– Posko PPKM Mikro dan Jogo Tonggo di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, menarik perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jendral Listyo Sigit. Bahkan sistemnya akan jadi percontohan di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, usai mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jendral Listyo Sigit, Menkes Budi G Sadikin, Kepala BNPB Ganip Warsito di Kudus, Kamis (16/6/2021).

Ada yang menarik dalam kunjungan ini, ketika rombongan Panglima TNI dan Kapolri membelokkan arah tujuan. Mereka mendadak ingin melihat Posko PPKM Mikro. Rombongan pun mampir dan menengok Posko PPKM Mikro dan Jogo Tonggo di Kecamatan Bae.

BACA JUGA: Ahmad Ujang Sugiono Kembali Pimpin KORPRI Kebumen 2021-2026

”Rupanya Panglima cukup terpana melihat kerja teman-teman yang dibawah. Ditulis rapi kejadiannya satu persatu, tercatat dengan baik dan ini sudah mirip operasi militer,” kata Ganjar.

Dari pengecekan itu, lanjut Ganjar, Panglima TNI dan Kapolri berencana menjadikan sistem PPKM Mikro dan Jogo Tonggo Kudus, sebagai percontohan di Bangkalan, Madura.

”Sistem PPKM Mikro dan Jogo Tonggo di Kabupaten Kudus ini, rencananya akan dibawa, untuk kemudian diterapkan di tempat yang lain. Sistem ini akan di share ke Bangkalan. Makanya besok Panglima akan ke Madura,” ujar Ganjar.

BACA JUGA: Bhabinkamtibmas Bae Dihadiahi Kapolri Tiket Sekolah Perwira

Hal ini, menurutnya, komitmen dari seluruh pihak yang telah “mengeroyok” bersama ledakan kasus covid-19, yang terjadi di Kudus beberapa pekan terakhir.

”Saya kira bagus, berbagi pengalaman baik antardaerah, karena kita juga belajar dari tempat lain di Indonesia. Sehingga kita bisa mencoba merespon dengan cepat,” ujarnya.

Di sisi lain, Ganjar menyebut kondisi kasus covid-19 di Kabupaten Kudus juga berangsur menurun. Itu semua tak lepas dari dukungan semua pihak.

”Rasa-rasanya tiap hari mulai turun, dan mulai bisa tertangani. Meskipun masih di level yang tinggi,” tandasnya.

Riyan