blank
Kampus PSDKU di Kabupaten Batang. Foto: dok/ist

BATANG (SUARABARU.ID)– Universitas Diponegoro (Undip) yang membuka Program Diploma 3 (D3) Jurusan Humas, di Kampus Kabupaten Batang, berhasil meluluskan tiga mahasiswanya tepat waktu atau selama enam semester.

Sebanyak tiga mahasiswa itu merupakan lulusan pertama Prodi D3 Humas di Kampus Batang, serta tiga lulusan pertama Prodi dibawah naungan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).

Ada pun tiga mahasiswi D3 Humas di Kampus Batang yang berhasil lulus pada Kamis (3/6/2021) adalah, Dina Hamida, Kholisatul Muna dan Sriatun. Ketiganya berhasil menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan dosen penguji pada Ujian Tugas Akhir (TA) Kamis (3/6/2021), secara daring melalui platform daring MS Teams.

BACA JUGA: Perpanjang PPKM, Hartopo Minta Dukungan Masyarakat Pulihkan Kudus Lagi

Dina Hamida mengajukan TA berjudul ‘Kebijakan Pimpinan Berkaitan dengan Konferensi Pers Program Pembangunan Strategis dan Unggulan Kabupaten Batang’. Lalu Kholisatul Muna mengajukan judul TA ‘Manajemen Protokoler Seremoni Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Batang’.

Dan yang terakhir, Sriatun menulis TA berjudul ‘Pemanfaatan Media Sosial sebagai Platform Komunikasi Publik Pemkab Pemalang’. Ketiganya berhasil lulus dengan nilai A.

Selain menyelesaikan TA dan seluruh mata kuliah, ketiganya juga sudah lulus pada uji sertifikat kompetensi Humas, yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), pada akhir 2020 lalu. Uji kompetensi sendiri dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi LSP LSPR, di Kampus Batang pada Desember lalu.

BACA JUGA: Bugil Diatas Sepedamotor Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Kini mereka menyandang profesi sebagai Profesional Humas Muda (Junior PR). Dan pada sertifikat profesi yang ditandatangani Ketua LSP LSPR, Deddy Irwandy MSi ini, mereka dinyatakan profesional sebagai Junior Public Relations.

Menurut Ketua Prodi D3 Humas, Dr Adi Nugroho MSi, ketiga mahasiswinya ini merupakan lulusan pertama D3 Humas Kampus Batang, juga yang pertama sejak berdiri tiga tahun lalu.

Sementara itu, Rektor Undip, Prof Dr H Yos Johan Utama MHum serta Bupati Batang Dr H Wihaji SAg MPd, memberikan apresiasinya pada semua pihak, dalam mendorong kemajuan kampus-kampus PSDKU di Batang, Rembang dan Pekalongan.

BACA JUGA: Covid-19 di Kabupaten Magelang, Tambah 49 Konfirmasi Baru

Selain meluluskan mahasiswanya tepat waktu Prodi D3 Humas juga telah mendapat SK dari Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) berupa SK Pemenuhan Syarat Peringkat akreditasi, yang diterbitkan BAN PT pada 20 April 2021 lalu.

Selain D3 Humas, SK Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi BAN PT ini, juga sudah diperoleh Prodi D3 Akuntansi di Kampus Pekalongan, D3 Manajemen Kampus Rembang dan D3 Administrasi Pajak Kampus Batang. Seluruh SK BAN PT ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif BAN PT TBasarudin.

Pengelolaan PSDKU di Undip sendiri, berada dibawah sebuah lembaga LPPSDKU, yang diketuai Dr Redyanto Noor MHum dan Sekretaris Dr Eng Munadi. LPPSDKU berkantor di Gedung SA/MWA Kampus Undip, Tembalang, Semarang.

BACA JUGA: Wali Kota : Menjadi Pejabat Jangan Berpikir Jadi Kaya

Prodi yang berada dalam naungan PSDKU Undip itu, masing masing Prodi D3 Humas dan Prodi D3 administrasi Pajak di Kampus Batang. Lalu Prodi D3 Akuntansi dan D3 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) di Kampus Pekalongan serta D3 Manajemen dan S1 Administrasi Publik pada PSDKU di Kampus Rembang.

Satu Prodi lagi yakni S1 Agribisnis, akan menerima mahasiswa baru pada tahun ini di PSDKU Undip Kampus Batang. Prodi S1 Agribisnis ini, juga memiliki laboratorium lapangan untuk agribisnis, di kampus yang berada di Desa Bandar, Kabupaten Batang.

Riyan