JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk mendorong literasi dikalangan pelajar dan mahasiswa, UPT Pusat Bahasa Unisnu mengadakan Festival Bahasa bekerjasama  dengan UKM Orsha (Organisasi Bahasa) menggelar lomba-lomba tingkat nasional untuk tingkat SMA sederajat dan Mahasiswa.

Festival Bahasa ini mengangkat tema “Menggali Potensi dan Kreativitas Berbahasa pada Generasi Z” . Harapannya dapat menejadi pemantik dan memberikan  ruang aktivitas bagi siswa SMA dan mahasiswa agar cinta literasi.

Rangkaian acara Festival Bahasa meliputi lomba tingkat SMA sederajat (Speech Arab, Speech English, Speech Jawa,  Musikalisasi Puisi) dan tingkat mahasiswa (Storytelling, Podcast, Essay). Sementara untuk tingkat mahasiswa UNISNU (Duta Bahasa).

Adapun beberapa lomba telah digelar dan diketahui pemenangnya. Untuk  lomba tingkat SMA pada lomba Festival Bahasa Speech English juara 1 diraih oleh Ni Komang Sita Widyasari dari SMAN 7 Denpasar, juara 2 diraih oleh Tarisha Alghaniya Firdaus dari SMAN 1 Ciparay, dan juara 3 diraih oleh Ogan Ridwan Mas dari MAN 4 Jakarta Selatan.

Sedangkan lomba tingkat mahasiswa pada lomba Podcast, juara 1 diraih oleh Adhelia Imel Divanti dari STEC IAIN Kudus, juara 2 diraih oleh Mariatul Kiptia dari Universitas Jember, dan juara 3 diraih oleh Muhammad Rifqi Syauqi dari UNISNU Jepara.

Pada lomba Storytelling tingkat mahasiswa juara 1 diraih oleh Khadumatul Hilma dari LPM Fokus UNISNU Jepara, juara 2 diraih oleh Nur Laili Saroya dari Universitas Diponegoro, dan juara 3 diraih oleh Gunawan Tjokro dari IB ITGB.

Pada lomba Essay, juara 1 diraih oleh Putri Rohmawati dari UNISNU Jepara, juara 2 diraih oleh Naufal Muhana dari Universitas Syiah Kuala, dan juara 3 diraih oleh Viona Margaretha oleh Universitas Riau.

Diperpanjang

Selanjutnya masih ada lomba-lomba yang bisa diikuti oleh peserta didik baik tingkat SMA sederajat maupun mahasiswa di ajang nasional ini. Serangkaian lomba lanjutan untuk tingkat SMA (Speech Arab, Speech Jawa, dan Musikalisasi) dan lomba tingkat mahasiswa UNISNU (Duta Bahasa) digelar .

Pendaftaran tiga lomba tingkat SMA tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Mei sampai 10 Juni 2021 dengan pengumpulan essay tanggal 31 Mei hingga 13 Juni 2021. Pendaftaran lomba Duta Bahasa tingkat mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 31 Mei sampai 13 Juni 2021 dengan pengumpulan essay tanggal 10 Juni hingga 17 Juni 2021. “Festival Bahasa ini terselenggara selain memberikan wadah bagi para siswa tingkat SMA sederajat dan mahasiswa, kami juga bermaksud ingin mempromosikan UPT Pusat Bahasa Unisnu kepada masyarakat,” ujar ujar Nina Sofiana, M.Pd. selaku ketua UPT Pusat Bahasa.

Dijelaskan oleh  Nina Sofiana, UPT Pusat Bahasa Unisnu ada untuk memberikan pelayanan bahasa kepada civitas akademika di UNISNU Jepara dan kalangan umum. “Kami menyediakan tiga program , yakni pelatihan bahasa, tes bahasa, dan translate,” ujar Nina Sofiana, M.Pd. selaku ketua UPT Pusat Bahasa.

Menurut Nina Sofiana, kegiatan Festival Bahasa ini terselenggara sebagai wujud program literasi. Melalui lomba-lomba kegiatan Festival Bahasa dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta literasi dan memiliki kemampuan berpikir kritis melalui kecintaan membaca yang dituangkan dalam tulisan maupun kreasi literasi lain khususnya bagi generasi Z atau generasi digital melalui aplikasi Podcast, Youtube, Tiktok, dan lain-lain,” pungkas Nina Sofiana.

Hadepe- Diana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini