Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menerima kenang-kenangan dari Paguyuban PT Rayon 3. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meminta perguruan tinggi (PT) ikut membantu kemajuan pembangunan di daerah, terutama dalam hal mengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Kualitas SDM menjadi salah satu faktor penentu kemajuan pembangunan di daerah. PT merupakan kawah candradimuka bagi peningkatan SDM, baik melalui proses pendidikan dan pelatihan ilmu pengetahuan dan tehnologi,” katanya.

Afif Nurhidayat mengatakan hal itu saat menghadiri acara “Silaturrahmi dan Halal Bi Halal” yang di selenggarakan Paguyuban Perguruan Tinggi Rayon 3 yang dipusatkan di Kampus Unsiq Jawa Tengah di Wonosobo, Senin (31/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh perwakilan Paguyuban PT Rayon 3 secara daring. Adapun yang hadir secara langsung di Unsiq yakni Ketua Paguyuban PT Rayon 3 Akhmad Darmawan SE MSi dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Rektor Unsiq Dr KH Muchotob Hamzah MM.

Bupati Wonosobo menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggarannya kegiatan ini dan ucapan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk ikut hadir. Acara ini sangat bermanfaat dan dapat mempererat tali silaturahmi di antara PT Rayon 3 ini.

“Saya tidak lupa mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 H minal aidin wal faizin mohon maaf lahir. Pemkab Wonosobo siap bersinergi dan berkolaborasi dengan PT dalam bidang pendidikan, penelitian dan pelatihan SDM,” ujarnya.

Dalam masa pandemi global Covid-19 seperti sekarang ini, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meminta semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam setiap aktifitas kapan dan di manapun.

Tingaktkan IPTEK

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat hadir dalam halal bi halal Paguyuban PT Rayon 3. Foto : SB/Muharno Zarka

“Karena penularan dan penyebaran penyakit Covid-19 belum berakhir dan sangat tepat kegiatan halal bi halal seperti ini dilakukan secara daring,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Wonosobo itu.

Afif berharap untuk saling meningkatkan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK. Cepat beradaptasi dengan teknologi karena dengan teknologi menjadi tidak ketinggalan dan dapat membantu memajukan membangun daerah.

“Mari saling meningkatkan IPTEK dan cepat beradaptasi dengan kemajuan zaman agar tidak tertinggal dan bisa membantu pembangunan daerah. Kemajuan IPTEK sangat membantu kemudahan semua aspek kehidupan” ungkapnya.

Lebih lanjut Afif menambahkan, perlu disadari Pemkab Wonosobo masih sangat membutuhkan sentuhan dari dunia kampus karena melihat angka lama sekolah di daerah ini masih memprihatinkan.

“Mari didorong anak-anak Wonosobo untuk terus bersekolah ke jenjang lebih tinggi dan jangan malah disuruh untuk bekerja. Karena kualitas SDM yang unggul bisa memutus mata rantai kemiskinan di masyarakat,” tegasnya.

Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo Dr KH Muchotob Hamzah MM mengatakan pentingnya arti halal bi halal dan peran penting PT dalam mencerdaskan masyarakat. Kampus dilahirkan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sudah saatnya PT mendedikasikan diri bersama berbagai pihak, yang memiliki semangat yang sama. Guna mewujudkan percepatan pembangunan SDM di daerah maupun secara nasional,” terangnya.

Muharno Zarka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini