Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo ketika sarapan bareng dengan jajaran Disdukcapil setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar melakukan sarapan nasi bungkus dengan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kantor Disdukcapil setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda M Aziz Wijaya dan Kepala Disdukcapil Wonosobo, M Zuhri.

Sebelum sarapan bersama Afif Nurhidayat dan M Albar, memimpin apel pagi di halaman Pendopo Bupati Wonosobo. Apel pagi diikuti seluruh jajaran ASN dan non ASN Disdukcapil setempat.

“Sarapan bareng dengan pejabat dan ASN ini bukan semata mata sarapan. Tetapi saya dan Pak Wakil Bupati ingin memberi support kepada Disdukcapil. Apalagi mereka dalam bekerja bersentuhan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Agenda sarapan bersama ini akan dilaksanakan secara berkala dan terjadwal ke semua OPD. Dengan tujuan agar ASN bisa lebih dekat secara emosional dengan Bupati dan Wakil Bupati.

“Sehingga diharapkan ada diskusi bersama dan setara antara Bupati, Wakil Bupati dengan karyawan, untuk mencari solusi jika ada permasalahan maupun mencari terobosan terobosan untuk kemajuan Wonosobo,” katanya.

Afif dan Albar ingin mengetahui bagaimana pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal kependudukan. Apa yang menjadi kendala dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga bisa menjadi evaluasi pemerintah daerah agar bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan publik. Minimalisir keluhan masyarakat terkait pelayanan pemerintah,” terang Bupati.

Diskusi Bersama

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat melakukan dialog dengan warga yang akan membuat KTP. Foto : SB/Muharno Zarka

Keluhan masyarakat terkait pelayanan pemerintah, tambahnya, itu sudah biasa. Jadikan keluhan sebagai cambuk atau pendorong semangat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Bupati juga menyampaikan sebagai pelayan publik, jajaran Disdikcapil harus memberikan respon yang cepat terhadap keluhan yang disampaikan masyarakat. Sehingga publik terlayani dengan baik.

“ASN sudah ditakdirkan menjadi abdi negara. Karena itu, mari gunakan amanat yang diberikan oleh Allah SWT, pemerintah dan masyarakat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mari gunakan amanat tersebut dengan benar sesuai dengan aturan yang ada,” tegasnya.

Menurut Afif, pelayanan yang sudah baik perlu tingkatkan. Yang belum baik mari lakukan pembenahan. Sebagai pelayan publik harus meminimalisir keluhan yang disampaikan masyarakat.

“Yaitu merespon dengan cepat apa yang menjadi keluhan publik, agar bisa lebih baik dan optimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Afif, yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Wonosobo itu.

Wakil Bupati M Albar menambahkan pemerintah daerah sendiri menghadapi permasalahan terkait kependudukan. Salah satunya adalah banyaknya warga Wonosobo yang ada di luar daerah, apalagi di luar Jawa, sehingga menyulitkan pendataan.

Menghadapi permasalahan yang ada, tambahnya, pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah lain di mana penduduk Wonosobo bermukim.

“Tetapi pemerintah daerah juga tidak bisa bekerja sendiri. Perlu partisipasi masyarakat untuk selalu tertib administrasi soal kependudukan. Sehingga semua masalah dapat diselesaikan dengan baik,” tandas Wakil Bupati.

Muharno Zarka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini