TEGAL (SUARABARU.ID) – Ratusan warga masyarakat Kota Tegal lanjut usia melakukan vaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksin secara gratis diprakarsai Adira Finance Regional Jawa Tengah yang dilaksanakan di Jalan Jendral Sudirman Kota Tegal, Selasa (25/5/2021).

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dan bantuan Adira Finance untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi nasional demi terciptanya herd immunity, sehingga aktifitas masyarakat kembali aman dan roda perekonomian dapat segera pulih kembali,” kata Kepala Wilayah Area Jawa Adira Finance, Irfan Budianto.

Irfan mengku menargetkan dalam vaksin sedikitnya 300 lansia dan 95 karyawan Adira Finance Cabang Tegal.

“Kegiatan vaksin ini, Adira Finance dapat menjadi role model perusahaan swasta yang memberikan referensi data lansia yang di vaksin,” harap Irfan.

Secara terpisah Kepala Dinas Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, jumlah sasaran total lansia yang akan di vaksin di Kota Tegal sebanyak 18.592 orang. Sedangkan sampai saat ini, baru mencapai 5.048 orang atau 27,16 persen yang telah di vaksin.

Menurut dr Sri Prima, pelaksanaan vaksin secara massal melalui pihak swasta seperti Adira Finance diharapakan dapat mempercepat tercapainya target vaksinasi bagi lansia.

“Peran aktif swasta dan masyarakat saya yakin sangat membantu pencapaian target vaksinasi Covid-19 pada lansia yang saat ini baru mencapai 27,16 persen atau 5.048 lansia dari target sebanyak 18.592,” ungkap dr Sri Prima.

Vaksinasi menjadi bagian penting dalam pencegahan Covid-19 yang terbukti halal, aman dan efektif. Vaksinasi terbukti merupakan upaya yang paling cost effective dalam mencegah dan memutis mata rantai penularan penyakit yang.dapst.dicehah dengan imunisasi.

Sri Prima mengungkapkan, hingga saat ini tingkat kematian individu berusia lebih dari 60 tahun atau lansia akibatnCovid-19 di Indonesia sebesar 48,1 persen. Jumlah tersebut kata Sri Prima paling tinggi dibandingkan dengan kematian akibat Covid-19 pada kelompok usia manapun.

Vaksinasi dengan menggandeng swasta diharapkan bisa mempercepat capaian target vaksinasi lansia hingga akan terbentuk kekebalan komunitas khusunya kelompok lansia dan dapat menurunkan angka kesakitan serta kematian akibat Covid-19 bagi kelompok lansia.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan secara aktif dan terus menerus upaya melakukan kegiatan strategis dalam mencapai target sasaran vaksinasi Covid-19,” ujar Sri Prima.

Nino Moebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini