Pengambilan sampel RDT di Pasar Raya Rita Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Tim Satgas Penanganan Covid-19 Wonosobo melakukan kegiatan random Rapid Diagnostic Test (RDT) di tiga pusat perbelanjaan yakni di Rita Pasaraya, Trio Wonosobo dan House of Elena, Senin (24/5).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di tiga lokasi. Yakni di Supermarket Rita Pasar Raya. Di pusat perbelanjaan terbesar di Wonosobo itu, menjelang lebaran ramai dikunjungi warga yang melakukan belaja kebutuhan perayaan idul fitri.

RDT di pusat perbelanjaan Rita Pasar Raya dihadiri Tim petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) berjumlah 15 orang yang dipimpin oleh Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Rizqa Wahyu Handayani, SKM MKes bersama personil TNI-Polri.

“Dari sampel 81 orang, hasilnya 80 orang negatif dan 1 orang dinyatakan positif. 1 orang yang dinyatakan posif dilanjutkan pemeriksaan swab PCR dan yang bersangkutan diminta isolasi mandiri sampai hasil swab PCR keluar,” ujar Rizqa.

RDT di House of Elena toko fashion yang ramai pengunjung semenjak sebelum lebaran hingga sekarang. RDT di tempat tersebut dipimpin Pujiati (DKK) didampingi petugas gabungan dari Puskesmas 2 Wonosobo, TNI-Polri dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM.

“Dari jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 Orang termasuk 14 orang dari pihak karyawan Elena dan sisanya 46 dari pengunjung dinyatakan negatif dari Covid-19 setelah melakukan Tes rapid test antigen,” terang Pujiati.

RDT Lanjutan

Salah satu karyawan ketika dilakukan RDT oleh petugas DKK Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Namun demikian, ujarnya, masih banyak pengunjung yang tidak mau melakukan rapid test antigen tersebut dengan berbagai alasan. Kebanyakan mereka takut dan khawatir dengan hasil tes antigen tersebut.

Lokasi terakhir RDT di pusat perbelanjaan Trio. RDT di tempat tersebut dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19 Wonosobo. Kegiatan di Trio ini dilakukan oleh hampir seluruh karyawan yang dimulai dari karyawan TU dan manajer lalu Satpam dan petugas lainnya setelah itu baru karyawan trio lainya.

Setelah proses RDT, peserta diharuskan menunggu 30 menit untuk melihat hasilnya.

Dari 60 orang yang ikut RDT di Swalayan Trio ini didapat hasil yang menggembirakan karena tidak ada karyawan dan pengunjung yang positif atau semua negatif.

Tim Satgas Covid – 19 Wonosobo menghimbau kepada karyawan dan karyawati Trio agar selalu taat dan mematui protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Guna memutus penyebaran mata rantai virus Corona dan kondisi segera kembali normal seperti biasa.

Tujuan dilakukan RDT untuk mengetahui keadaan paska lebaran. Karena menjelang idul fitri banyak terjadi interaksi antar wargs yang memungkinkan terjadinya penyebaran Covid-19 di titik-titik keramaian. Utamanya di pusat-pusat perbelanjaan.

Kegiatan RDT dinilai sebagai kangkah pencegahan penyebaran Covid-19 dari cluster baru. Rencananya kegiatan random RDT ini akan dilaksanakan lagi di titik-titik keramaian sampai 27 Mei 2021 mendatang.

Muharno Zarka