blank
Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit saat menempel stiker pada kendaraan yang melakukan arus balik. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar melalui Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit menggelar operasi dalam arus balik di Kota Semarang, Senin (17/5/2021).

Kendaraan-kendaraan yang diperiksa diantaranya bus, travel dan kendaraan pribadi.

“Kita melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan tersebut secara selektif,” terang Sigit.

Menurut Sigit, setelah kendaraan dicek dan dinyatakan lengkap, selanjutnya kendaraan tersebut ditempeli stiker biru yang bertuliskan Operasi Ketupat Candi 2021 Polda Jawa Tengah.

Pada kendaraan yang tidak menjalankan protokol kesehatan oleh Satlantas Polrestabes Semarang diberikan Test Swab Antigen gratis. “Setelah diberi stiker dan surat, pemudik bisa melanjutkan perjalanan,” ujar Sigit.

Menurutnya, operasi tersebut telah dilaksanakan di beberapa titik seperti di Tol Kalikangkung, di perbatasan-perbatasan Provinsi, dan di Simpang Lima Semarang.

“Operasi ini digelar atas perintah Kapolda Jateng yang disampaikan pada vicon pagi tadi agar Polri tidak lengah di kota, meski operasi serupa sudah banyak dilakukan di tol maupun lingkar luar Provinsi,” katanya.

Sementara personil yang terlibat dalam operasi tersebut yaitu TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Disampaikan bahwa sudah ada sekitar 100 kendaraan yang dibantu Satlantas Polrestabes Semarang dengan Swab Antigen, dan hasilnya semua dinyatakan negatif.

“Total kita sudah berikan surat Swab sebanyak 100 lembar pada pemudik. Bisa dipastikan pemudik tersebut negatif Covid-19,” tandasnya.

Ning