blank
Dua orang wanita setelah menerima bantuan ZIS dari panitia.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama(Lazis NU) Ranting Sarirejo Kaliwungu, menyalurkan dana zakat infak dan sedekah (ZIS) sebesar Rp 300 juta, Rabu(12/05/2021).

Dana tersebut disalurkan bagi 1.124 pengurus ranting yang ada di Kecamatan Kaliwungu. Awalnya, penyaluran ZIS itu akan diterimakan di halaman Masjid Sarirejo, namun untuk mengantisipasi adanya kerumunan, penerimaan akhirnya diarahkan ke Koordinator RW atau dusunnya masing-masing.

Selain itu, penerima harus mematuhi protokol kesehatan, yakni mengenakan masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer dan menjaga jarak, karena saat ini masih pandemi Covid-19.

Sekretaris LazisNU Ranting Desa Sarirejo, Kecamatan Kaliwungu, Mujiyo Gadafi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan penyaluran pertama pada tahun ini, yang dibagikan pada akhir Ramadan, agar bisa dinikmati saat berlebaran.

“Dana ini kami himpun selama satu bulan. Yakni dari muzaki (pemberi zakat) yang menyerahkan dana zakat, infak, dan sedekah ke LazisNU Sarirejo. Terutama zakat mal atau zakat harta yang dimiliki dan zakat fitrah,” kata Mujio Gadafi.

Mujio mengaku, dana ZIS dihimpun melalui masing-masing koordinator LazisNU tingkat RW. Setelah dana terkumpul kemudian diserahkan ke tingkat LazisNU desa.

“Setelah itu kami melakukan pendataan terhadap warga yang berhak menerima, baru kemudian kami salurkan secara berbarengan,” jelas Mujio.

Penerima mulai dari keluarga fakir miskin, anak yatim piatu, janda dan jompo. Selain itu orang-orang yang berjuang di Jalan Allah. Di antaranya, imam masjid dan musala, marbot masjid dan musala, guru ngaji dan guru madrasah diniyah (madin).

Kegiatan ini merupakan rutinan setiap tahun. Sehingga sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Selain itu, Lazis NU juga memberikan laporan secara terbuka. Dimana setiap ZIS yang masuk telah disalurkan kepada warga Sarirejo dengan jelas penerima berdasarkan nama dan alamat. Sp-mm