blank
Ndaru bersama Lidia Pho, saat memberikan keterangan pers kepada awak media, saat peluncuran single Dalan Buntu dan video klipnya. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Berpulangnya salah satu maestro penyanyi dan pencipta lagu-lagu Jawa, Didi Kempot, ternyata tak membuat blantika musik dengan lirik Jawa hilang. Saling bermunculannya lagu dan penyayi baru, seolah tak terhentikan.

Salah satu yang mampu memanfaatkan momen itu adalah, Lidia Budi Kentjana atau yang biasa disapa Lidia Pho. Wanita keturunan Tionghoa ini ternyata fasih melafalkan lirik-lirik lagu Jawa. Keunikkan inilah yang membuat musisi lokal asal Yogyakarta, Ndaru yang tergabung dalam Ndarboy Genk, berkeinginan kolaborasi.

Sebelumnya, perkenalan di antara keduanya terjadi tanpa disengaja. Dari hasil pertemuan singkat itu, muncul ide dari Ndaru untuk menciptakan lagu dengan lirik Jawa buat Lidia Pho. Salah satu alasan Ndaru memilih Lidia Pho karena, cengkok Mandarinnya begitu kuat, sehingga akan indah bila Lidia menyanyikan lagu dengan lirik Jawa.

BACA JUGA: Sat Reskrim Bongkar Prostitusi Online, Seorang Muncikari Ditangkap

”Potensi yang ada pada Lidia Pho itu ada di cengkok Mandarinnya yang begitu kuat. Keunikkan inilah yang membuat kami kemudian melakukan kerja sama dengan pembuatan single perdana berjudul Dalan Buntu,” kata Ndaru, saat memberikan keterangan pers di Kangen Kamu Cafe (Trampoline Park), Jalan dr Cipto, Semarang, Jumat (30/4/2021).

Peluncuran single perdananya ini, kemudian dibarengkan dengan rilis video klipnya yang berlokasi di Pantai Sunda, Yogyakarta. Single Dalan Buntu ini nantinya juga akan dipromosikan melalui berbagai media sosial dan platform digital lainnya.

Lidia sendiri menyampaikan, saat pembuatan single ini nyaris tanpa ada kendala yang berarti. Meski baru beberapa saat bertemu dengan Ndaru, namun chemistry keduanya sudah terjalin dengan baik. Ndaru mampu memunculkan potensi dan keunikkan olah vokal yang dipunyai perempuan mungil berwajah cantik ini.

”Melihat lirik lagunya, saya langsung bisa menghafal. Usai single ini selesai dibuat, Ndaru langsung berencana membuat video klipnya. Dan Jumat (30/4/2021) ini, Video klipnya sudah bisa dilihat di seluruh platform digital, dan disebar ke 230 negara,” tutur Lidia, seraya menyebutkan, single Dalan Buntu featuring Ndarboy Genk ini, diproduksi label Mabes Balker Yogyakarta.

”Liriknya masih bertema cinta, tetapi kami menggambarkannya dengan lebih dewasa dan tidak cengeng. Kami juga akan menyumbangkan semua hasil penjualan single Dalan Buntu untuk pekerja seni yang ada di Semarang,” tukas Lidia.

Riyan