blank
Ketua Career Development Center (CDC) UNS, Dr. Ir. Kusnandar, M.Si. Dok/Humas UNS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Career Development Center (CDC) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta  bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat menggelar UNS Job Fair XXI. Kegiatan yang dilaksanakan  secara virtual untuk pertama kalinya melalui website resmi Career Development Center (CDC) UNS.

Kegiatan ini diikuti 36 perusahaan dan menawarkan 149 lowongan pekerjaan  serta berlangsung selama dua hari dibuka Ketua Career Development Center (CDC) UNS, Dr. Ir. Kusnandar, M.Si, di kampus UNS Surakarta, Rabu (28/4)

Ketua Career Development Center (CDC) UNS, Dr. Ir. Kusnandar, M.Si, mengatakan, acara Job Fair UNS merupakan program unggulan yang dilaksanakan secara rutin oleh CDC UNS.  Daya Manusia (SDM) terutama alumni UNS, dengan perusahaan yang sedang mencari talenta baru.

Virtual UNS Job Fair XXI diikuti oleh 36 perusahaan yang meliputi perbankan, industri pangan, media masa, dan sebagainya. Dari 36 perusahaan tersebut total lowongan pekerjaan yang dibuka adalah 149 lowongan. Jumlah pelamar yang tercatat hingga 28 April 2021 sebanyak 1.257 pelamar. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah di hari kedua penyelenggaraan Virtual UNS Job Fair XXI.

“Penyelenggaraan Virtual Job Fair XXI merupakan hasil inovasi guna menjawab tantangan wabah pandemi Covid-19 dan kemajuan teknologi saat ini. Inovasi menjadi sebuah keharusan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi ini. Sebelumnya, acara UNS Job Fair dilaksanakan secara luring dan sempat terhenti di tahun 2020 karena adanya pandemi covid-19,” terang Dr. Kusnandar.

blank
Direktur Direktorat Reputasi Akademika dan Kemahasiswaan  UNS Dr. Sutanto, S.Si., DEA. Dok/Humas UNS

Secara terpisah Direktur Direktorat Reputasi Akademika dan Kemahasiswaan  UNS Dr. Sutanto, S.Si., DEA  mengungkapkan,  tugas sivitas akademika tidak hanya mendidik mahasiswa di kampus tetapi juga memastikan karir mereka di dunia kerja. Melalui acara Virtual UNS Job Fair XXI, perguruan tinggi ingin bergerak secara kolaboratif dengan mengundang pihak perusahaan untuk menyiapkan talenta-talenta dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Tujuannya adalah untuk mendapatkan talenta yang cocok dan berbakat sehingga dapat mengembangkan dan memajukan perusahaan,” kata  Dr Sutanto.

Dikatakan, Virtual UNS Job Fair XXI tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa dan alumni UNS, tetapi juga dapat diakses oleh kalangan umum dengan menjadi member. Semua layanan CDC UNS dalam Virtual UNS Job Fair XXI diberikan secara gratis.

Bagus Adji