Ketua Tm Sembilan Catur SP (kanan) menyerahkan berkas balon Ketum Koni Kota Magelang kepada Ketua Panitia Pelaksana Musyorkotlub Koni setenpat, Sutikno (kiri). (Foto Dok Koni)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Tugas Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) bakal calon (balon) Ketua Umum Koni Kota Magelang yang diketuai Catur SP, rampung Senin siang (26/4).

Hal itu ditandai dengan penyerahan berkas balon Ketua Umum Koni Kota Magelang periode 2021-2025 kepada Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Kota Luar Biasa (Musyorkotlub) Koni setempat, Sutikno.

Catur menerangkan, sejak pendaftaran dibuka 19-22 April 2021 hanya dua balon yang mendaftar. Yaitu Kholid Abidin dan Ali Sungkar, keduanya atlet Kempo Perkemi Kota Magelang.

Syarat pencalonan sesuai AD/ART maupun panduan organisasi (PO),  seorang balon harus didukung minimal 25 persen dari total cabor anggota Koni Kota Magelang.

‘’Surat dukungan dari cabor menjadi syarat penting bagi balon yang mendaftar. Tim Sembilan (nama lain TPP red) bekerja sesuai AD/ART dan PO,’’ tegas Catur.

Selanjutnya, kelengkapan berkas balon termasuk surat dukungan dari cabor harus masuk ke Tim Sembilan maksimal Sabtu (24/4).

Pembina PBESI Kota Magelang itu menerangkan, sempat terjadi kekurangan berkas dari salah satu balon, sehingga batas akhir penyerahan berkas  diundur hingga Sabtu (24/4), dari ketentuan Jumat (23/4).

‘’Kami sifatnya melayani dan membantu, maka ketika syarat belum lengkap kami kontak yang bersangkutan untuk melengkapinya. Akhirnya bisa dilengkapi dan terakhir yang mengirimkan surat dukungan dari Cabor Sepatu Roda,’’ terangnya.

Menurutnya, total cabor anggota Koni Kota Magelang sebanyak 39. Dari jumlah itu, empat cabor di antaranya tidak aktif.

Dari 35 cabor yang aktif tersebut, yang memberikan dukungan kepada kedua balon sebanyak 21.

Cabor yang memberikan dukungan itu terbagi, 17 dukungan diberikan kepada balon Ali Sungkar. Sedang balon Kholid Abidin mendapat dukungan dari 4 cabor. Sisanya 14 cabor tidak memberikan dukungan kepada keduanya alias abstain.

‘’Jadi sesuai AD/ART dan PO, seorang balon minimal  harus didukung 9 cabor atau 25 % dari jumlah cabor anggota Koni Kota Magelang. Hari ini tugas kami selesai untuk melakukan penjaringan dan penyaringan. Selanjutnya kami serahkan kepada Panitia Pelaksana Musyorkotlub,’’ ungkapnya.

Setelah proses penyaringan selesai, berkas yang sudah disegel diserahkan kepada Ketua Panitia Pelaksana Musyorkotlub Koni Kota Magelang, Sutikno. Tahap selanjutnya, panitia memberitahukan musyorkotlub kepada cabor-cabor.

‘’Kami siapkan undangan dan materi musyorkotlub pada 3 Mei, dan berikutnya jadwal musyorkotlub pada 10 Mei yang rencananya di Hotel Trio. Agendanya seremonial pembukaan, sidang, penyampaian visi-misi calon ketua umum dan pemilihan,’’ ujar Sutikno.

Dia berharap, pemilihan dapat berjalan lancar, bahkan diharapkan terjadi aklamasi. Meski begitu, panitia tetap menyiapkan kotak pemilihan jika tidak terjadi aklamasi.

‘’Kami tetap siapkan kotak pemilihan kalau tidak terjadi aklamasi. Intinya kami berharap jalannya musyorkotlub lancar sampai terpilih ketua umum baru. Setelah ini tugas berat menanti, yakni Pra Kualifikasi Porprov 2022 dengan target mengirimkan sebanyak-banyaknya atlet ke Porprov,’’ ujarnya.

 

 Doddy Ardjono