blank
Salah satu penampil Panggung Kahanan berupa aksi tari-tarian, yang kali ini digelar di Kabupaten Pati. Foto: dok/ist

PATI (SUARABARU.ID)- Geliat Panggung Kahanan di Kabupaten Pati benar-benar terasa gayeng, Sabtu (24/4/2021). Sebab, ruang ekspresi seniman yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu, berbeda dari perhelatan sebelumnya di Kabupaten Kendal.

Sejumlah seniman turut ambil bagian meramaikan Panggung Kahanan. Mereka adalah Aulia Nirwana, Tari Njelmo dari Sanggar Seni Tondonegoro, Nita Ardania, Nadia Ulfa, Lek Mogol Ketoprak Wahyu Menggolo, Resa Lawangsewu, sineas Hajar Pramuji, dan Nurma Silvi. Ada pun penampilan pamungkas adalah pemutaran film pendek berjudul Guru, karya Hajar Pramuji.

Acara digelar secara virtual melalui akun YouTube dan Facebook Ganjar Pranowo. Panggung Kahanan juga menampung donasi masyarakat bagi seniman Jateng. Dengan donasi bisa disalurkan lewat rekening Bank Jateng nomor 2034191919 atas nama Panggung Kahanan.

BACA JUGA: Aplikasi iMagelang Makin Diminati Pemustaka di Saat Pandemi Covid-19

Panggung Kahanan ini diselenggarakan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang bekerja sama dengan seniman dan musisi Jateng, yang tergabung dalam Jateng Musik Gram dan didukung Bank Jateng. ”Ini janji saya pada seniman. Kita buat Panggung Kahanan,” kata Ganjar, melalui komunikasi virtualnya.

Di antara seniman yang biasa tampil adalah, para pemain ketoprak. Mengingat Pati memang dikenal sebagai kota dengan banyak kelompok ketopraknya. ”Di Panggung Kahanan, saya dorong teman seniman bisa tampil. Teman seniman ketoprak juga bisa tampil,” ujarnya.

Seorang seniman ketoprak, Lek Mogol menyampaikan, dirinya bersama seniman ketoprak di Pati lainnya, sangat merasakan dampak pandemi covid-19.

BACA JUGA: Di Masjid Langgar Agung Diponegoro ini, Terdapat Al-Qur’an Tulisan Tangan Pangeran Diponegoro

”Selama pandemi memang membuat seniman ketoprak lesu. Ada sebagian seniman punya pekerjaan lain, tapi memang belum bisa maksimal,”ungkap dia.

Namun dengan adanya Panggung Kahanan, membuatnya bisa kembali berkreasi. ”Kami kembali bisa berkreasi,” ujarnya.

Menurut Resa Lawangsewu, kegiatan Panggung Kahanan sudah amat baik. Karena seniman bisa berkreasi lagi, meski dengan keterbatasan waktu. ”Panggung Kahanan cukup menarik acaranya,” tukas dia.

Riyan-Sol