Suasana upacara wisuda bagi lulusan  Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana UNS melalui Zoom Cloud Meeting, dipimpin Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho SH. MH  dan berlangsung,  Sabtu (24/4). Foto: dok/UNS

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret) Surakarta mewisuda 1.272 sarjana baru lulusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta diwisuda. Dari seluruh lulusan yang berasal dari  program diploma, sarjana, dan pascasarjana.

Sebanyak 606 wisudawan dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude. Upacara wisuda Periode II tahun 2021 berlangsung secara daring melalui Zoom Cloud Meeting,dipimpin Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho SH. MH,  Sabtu (24/4).

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho  dalam sambutannya mengatakan, kelulusan  wisudawan harus dimaknai sebagai rasa bangga atas pencapaian yang berhasil diraih. Wisuda di bulan April tahun ini masih dilangsungkan secara daring dan diharapkan para wisudawan memaknainya sebagai sebuah semangat untuk menapaki jenjang kehidupan selanjutnya.

“ Kehidupan di masyarakat bagi lulusan UNS merupakan “kampus yang sesungguhnya. Sebab, lulusan UNS akan dituntut untuk terus belajar dengan berbagai macam bentuk ujian yang lebih kompleks dan tidak terduga. Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya, maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama,” tandas Rektor UNS.

Pada kesempatan sebelumnya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus, melaporkan, para lulusan yang diwisuda  berasal dari Sekolah Pascasarjana 222 wisudawan, Fakultas Ilmu Budaya 39 wisudawan, FKIP 329 wisudawan, Fakultas Hukum 86 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 49 wisudawan, FISIP  85 wisudawan, dan Fakultas Kedokteran 35 wisudawan.

Dari Fakultas Pertanian  86 wisudawan, Fakultas Teknik 91 wisudawan, FMIPA 86 wisudawan, FSRD sebanyak 55 wisudawan, FKOR sebanyak 31 wisudawan, dan Sekolah Vokasi sebanyak 72 wisudawan. Di antara para lulusan terdapat 606 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude.

Mereka berasal dari Sekolah Pascasarjana  74 wisudawan, FIB 15 wisudawan, FKIP 216 wisudawan, FH 44 wisudawan, FEB  22 wisudawan, dan FISIP empat  wisudawan. Juga dari FK sebanyak tujuh wisudawan, FP  55 wisudawan, FT 27 wisudawan, FMIPA 25 wisudawan, FSRD 22 wisudawan, FKOR 10 wisudawan, dan Sekolah Vokasi 46 wisudawan.

Di antara 1.272 lulusan terdapat sejumlah wisudawan yang lulus dengan catatan apik di antaranya  Dr Abdul Kadir Jaelani dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Hukum yang lulus dengan lama studi 2 tahun 7 bulan dengan IPK 3,88 . Juga Resta Maharani Adila Putri dari Prodi S-1 Psikologi sebagai lulusan termuda Program Sarjana yang saat lulus berusia 20 tahun 2 bulan.

Juga Nadila Maysila Herdarezki dari Magister Hukum sebagai lulusan termuda Program Magister yang usia sampai saat lulus 23 tahun 5 bulan. Begitu pula dengan lulusan termuda Program D-3 yaitu Khanafiyah dari Prodi D-3 Usaha Perjalanan Wisata yang usia sampai dengan saat lulus 20 tahun 3 bulan, jelas Prof Ahmad Yunus.

Bagus Adji