blank

Dr. H. M. Fakhruddin

Saat puasa, tubuh banyak mengalami kehilangan air dan tenaga. Jika terus dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan berserat, kaya akan vitamin dan mineral yang ada pada buah-buahan untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

Secara umum meminum jus buah memang menyegarkan. Namun ternyata makan buah langsung tanpa diolah terlebih dulu lebih bernutrisi. Para pelaku pola diet banyak menghindari gula dan santan untuk hidangan berbuka. Sebagai gantinya, buah-buahan yang manis alami dan mengandung air yang tinggi ini jadi pilihan

Berikut adalah beberapa jenis buah pilihan untuk dikonsumsi di bulan Ramadhan.

blank 

Kurma

Identik dengan buah saat bulan puasa tiba, kurma ternyata mempunyai banyak kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang terpenting bagi tubuh adalah protein, lemak, karbohidrat, gula, magnesium, potassium, dan sodium.

Jeruk

Selain kaya akan vitamin C yang dapat berguna mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah, jeruk juga dapat mencegah radikal bebas untuk turut masuk ke dalam aliran darah. Tak hanya itu, jeruk juga kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

blank

Semangka

Kaya akan vitamin B yang bisa menambah pasokan energi tubuh. Juga mengandung vitamin C, A, betakaroten, magnesium dan potassium. Buah yang kaya air ini dapat dengan segera dan otomatis mampu menggantikan fungsi air yang diperlukan oleh tubuh.

Apel

Kandungan air yang tinggi cocok untuk dikonsumsi saat berbuka. Apel dimakan bersama kulitnya yang mengandung senyawa phenolic yang bisa mencegah kolesterol tinggi. Apel juga mengandung anti oksidan quercetin yang disa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

blank

Stroberi

Kaya akan vitamin C, buah mungil yang menggoda ini juga dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh terlebih saat puasa.

Pisang

Buah yang paling banyak ditemukan di seluruh Indonesia ini banyak mengandung vitamin yang dapat mengurangi asam lambung dan mempertahankan keseimbangan air dalam tubuh.

blank

Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A yang dapat membantu memecah serat agar mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Jadi, meski puasa, buang air besar pun tetap lancar.

Mangga

Banyak kandungan vitamin di dalamnya. Berperan membersihkan darah dari beragam kotoran yang ada. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada orang yang sedang berpuasa.

blank

Melon

Terdapat kandungan air yang cukup tinggi, sehingga bisa mengerem nafsu makan berlebih saat berbuka. Juga mengandung vitamin C, B6, thiamine, niacine, pantothenic acid, dan folat.

Blewah

Mengandung kadar air yang tinggi yang dapat mengatasi dehidrasi. Juga kalium yang berguna untuk kendalikan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko serangan stroke, membersihkan karboddioksida di dalam darah, juga memicu kerja otot dan simpul saraf.

Penulis adalah seorang dokter anggota IDI Cabang Jepara dan FKTP BPJS Kesehatan Bangsri