blank
Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menanam bibit penghijauan di Desa Tanuharjo, Kecamatan Alian, Sabtu 17/4.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebagai  kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, Innova Community Inyong Chapter Kebumen bersama Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menggelar kegiatan Go Green Penanaman 1.000 Pohon.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk mendukung Program Kerja 100 Hari Bupati Kebumen dan Wakil Bupati Kebumen yaitu ‘’Nandur Wit Nggo Anak Putu’’.

Penanaman dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih di Halaman Gedung Serba Guna Desa Tanuharjo, Kecamatan Alian, Sabtu (17 /4).

Acara dihadiri Asisten 2 Sekda Kebumen Nugroho Tri Waluyo, Camat Alian Sugito Edi Prayitno, anggota DPRD Khanifudin,  anggota Forkopimcam Alian serta Pemerintah Desa setempat.

blank
Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih berfoto bersama Komunitas Innova Kebumen dan pejabat terkait.(Foto;SB/Ist)

Adapun bibit pohon yang ditanam terdiri atas albasia, buah mangga, kelengkeng, durian dan rambutan. Bibit tersebut akan disebar ke 16 desa di Kecamatan Alian.

Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota komunitas Innova Comunity Inyong Chapter Kebumen.  Sebab mereka  telah ikut mendukung program 100 hari kerjanya. Melalui penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi warisan kepada anak cucu nanti.

Ristawati mengajak kepada semua pihak agar tergerak menanam pohon menjadi budaya di masyarakat. Dengan begitu lingkungan bisa terjaga dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat ke depan menjadi lebih baik lagi. ” Mari kita budayakan tanam pohon untuk warisan anak cucu kita nanti,’’ucapnya.

Camat Alian Sugito Edi Prayitno mengatakan, penanaman pohon ini merupakan sebuah pemantik atau langkah awal untuk mendorong masyarakat mencintai lingkungan.  Ke depannya pemerintah desa diharapakan bisa menjadi tonggak dalam mewujudkan Kebumen Go Green.

Sugito berharap ke depan masing masing kepada desa ada PKT Ekonomi, Pemerintah Desa bisa mengalokasikan anggaran dari Dana Desa.  Bahkan pemerintah desa bisa  menyediakan bibit dan bibit itu dibagi ke masyarakat.  Asal ketentuan penggunaan dana desa diputuskan  di musdes.

Salah satu anggota club Saiful Anwar menambahkan, kegiatan Komunitas sebenarnya tidak hanya penanaman pohon saja, namun juga bakti sosial. Seperti di Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso,  bakal digelar acara buka bersama, santunan anak yatim piatu dan sosial lainnya.

Komper Wardopo