blank
Kasatlantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto menyerahkan bingkisan kepada pengendara yang terekam kamera elektronik tertib di jalan.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sempat mengira kena tilang melalui kamera ETLE, seorang pengendara sepeda motor bernasib mujur. Sebab Satlantas Polres Kebumen memberi bingkisan kepada seorang pengendara sepeda motor yang tertib di jalan.

Pengguna jalan di Kebumen itu awalnya kaget ketika menerima surat dari pihak kepolisian, disertai bukti foto saat berhenti di traffic light. Adalah Erwin Yuli Drajat  (47), warga Kebulusan, Kecamatan Pejagoan, pada Sabtu (17/04/2021).

Erwin mengaku terkejut menerima surat panggilan dari kepolisian yang dikirim melalui kantor pos. Ia pun akhirnya memenuhi panggilan itu untuk melakukan verifikasi.

blank
Kasatlantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto dan anggota berfoto bersama dua pengendara yang menerima bingkisan karena tertib di jalan.(Foto;SB/Ist)

Pengendara tersebut terpantau oleh kamera pengawas atau kamera Electronic Traffic Law Enforcement  (ETLE) yang telah dipasang Satlantas Polres Kebumen di beberapa titik. Pria tersebut ternyata tertib berlalu lintas.

Erwin tidak melewati marka, menggunakan helm standar, memakai masker dan tidak menerobos lampu rambu-rambu lalulintas.

“Saya kira, kemarin saya melanggar karena dapat surat itu. Ternyata saat saya konfirmasi ke Sat Lantas, malah dapat hadiah. Saya terjepret kamera pengawas karena sudah tertib,”ungkap Erwin.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto mengatakan, langkah ini sebagai upaya agar masyarakat lebih tertib dalam berkendara.

Polisi mengapresiasi warga Kebumen yang sadar berlalu lintas, mengendarai kendaraan di jalan raya dengan mematuhi peraturan yang ada.

“Kami memberikan reward kepada pengendara yang tertib. Diharapkan masyarakat di Kebumen akan lebih patuh dan tertib dalam berlalu lintas,”ujar AKP Sugiyanto.

Hadiah yang diberikan polisi kepada mereka yakni satu paket sembako. Tertib berkendara, dan patuh terhadap peraturan lalu lintas wajib bagi semua pengguna jalan. Hari itu ada dua pengendara yang terekam ETLE tertib berkendara dan memperoleh bingkisan dari  Satlantas.

Dari pengalaman Erwin, ia mendapatkan dua keuntungan.  Pertama, Erwin mendapatkan keselamatan berlalu lintas karena perilaku tertib saat berkendara. Kedua, pengendara  mendapatkan bingkisan langsung dari Sat Lantas Polres Kebumen karena dinilai tertib dalam berkendara di jalan.

Komper Wardopo