blank
Petugas Satpol PP Kota Bekasi, Jawa Barat menertibkan reklame bodong di Kota Bekasi, Senin (13/4).Antara

BEKASI (SUARABARU.ID) – Sedikitnya 31 reklame yang tidak memiliki izin atau dikenal reklame bodong di Kota Bekasi, Jawa Barat, ditertibkan petugas dinas perizinan dibantu aparat Satpol PP kota setempat.

“Dari pelaksanaan penertiban hari ini, petugas menertibkan 31 objek wajib pajak penyelenggara reklame,” kata Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Pembangunan DPMPTSP Kota Bekasi Roy di Bekasi, Selasa (13/4/2021).

Reklame bodong itu mulai dari reklame kecil jenis spanduk, poster, dan media lain yang sengaja dipasang untuk tujuan komersial, reklame promosi perumahan, dan lainnya yang dipasang di tempat-tempat yang dilarang seperti pohon, tiang listrik, serta tiang penerangan jalan umum, hingga reklame raksasa produk pelumas otomotif.

Baca Juga: Pengembang Perumahan Grand Wisata Bekasi Janjikan Klausul Damai

Roy menjelaskan dari 31 objek pajak jenis reklame yang ditertibkan, tiga objek di antaranya tidak berizin, 27 objek pajak reklame menyatakan siap mengurus perizinan, sementara satu objek pajak sisanya mengaku dalam proses perizinan.

“Semua langsung dicopot petugas kecuali bagi yang sudah menyelesaikan kewajiban membayar pajak dan memiliki izin, maka bebas dari penertiban,” tutur-nya.

Sebelum melakukan pembongkaran, Pemerintah Kota Bekasi telah beberapa kali memberikan peringatan secara tertulis kepada para pemilik reklame yang tidak mengantongi Surat Izin Penyelenggaraan Reklame (SIPR), namun tidak diindahkan pemilik.

Baca Juga: Perumahan Puri Gading Bekasi Banjir

“Penertiban ini didahului penyampaian surat peringatan dari SP1 sampai SP3 kepada pemilik ataupun penyelenggara reklame, dilanjutkan dengan imbauan membayar pajak reklame,” ucap-nya.

Pembongkaran reklame bodong ini, kata dia, sebagaimana telah ditetapkan melalui Instruksi Wali Kota Bekasi Nomor: 973/1512/DMSDA tentang penertiban izin penyelenggaraan reklame di Kota Bekasi.

Roy mengungkapkan terkait tarif pajak reklame yang harus dibayarkan adalah berdasarkan nilai sewa reklame. Ketentuan besaran pembayaran pajak reklame juga dilihat dari nilai strategis titik lokasi pemasangan reklame berdasarkan kawasan penyelenggaraan reklame.

“Kegiatan penertiban reklame ini akan terus berlanjut dilaksanakan sampai dengan waktu yang belum ditentukan,” kata dia.

Ant-Claudia