blank
Kombes Pol Irwan Setiyawan, Kapolrestabes Semarang didampingi Kasat Lantas Polrestabes AKBP Sigit melakukan inspeksi pasukan Apel Operasi Keselamatan Candi 2021 di halaman Mapolrestabes Semarang, Senin (12/4/21). Foto : Istw

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng menginstruksikan penyekatan wilayah. Maka Polresrabes Semarang melakukannya di jalur tol Kalikangkung Kota Semarang, sesuai wilayah kerjanya.

Hal itu disampaikan oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Setiyawan melalui Kasat Lantas Polrestabes AKBP Sigit saat digelar Apel Operasi Keselamatan Candi 2021 di wilayah hukum Polrestabes Semarang di halaman Mapolrestabes Semarang, Senin (12/4/21).

“Kita hanya ada satu titik saja jalur tol untuk melakukan penyekatan. Dan jalur alteri juga akan di  dilakukan di wilayah Kendal dan perbatasan Demak. Dan selalu di koordinasikan dengan Polres tetangga. Sedangkan untuk penyekatan lainnya itu dilakukan masing-masing polres yang ada di Kabupaten,” kata AKBP Sigit.

Pos Lalu Lintas di Rest Area

Guna mendukung penyekatan tersebut, kata Sigit akan didirikan Pos Lantas Tanggung di Rest Area KM 424 bekerja sama dengan pihak tol untuk membatasi kapasitas rest area. Nantinya, kendaraan yang masuk rest area dibatasi hanya 50 % dari kapasitasnya.

“Polrestabes Semarang hanya memfilter kendaraan kendaraan yang bernopol luar kota masuk wilayah kota Semarang,  kalau orang Semarang plat Semarang  ngak papa dan jika ketahuan kita akan meminta mereka untuk melakukan putar balik ke daerahnya, kalau bukan orang Semarang dan plat luar kota ” jelas Sigit.

Sigit juga menambahkan, kepolisian akan mengimbau membubarkan warga yang berkumpul-kumpul di tempat-tempat umum dan juga di rest area. Operasi ini akan dilakukan bersama dengan TNI Polri dan Satpol PP, hal ini bertujuan untuk tidak terjadinya penyebaran covid-19.

“Jadi kita minta kepada masyarakat Jawa Tengah khususnya kota Semarang, untuk mematuhi aturan pemerintah, dan bagi kendaraan luar kota yang masuk kota Semarang kita minta untuk kembali. Operasi Keselamatan ini  nanti sampai Tgl 25 April 2021 di lanjut Operasi Ketupat,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Operasi Keselamatan Candi 2021 merupakan operasi yang akan mengedepankan edukasi masyarakat agar disiplin protokol kesehatan dan mengedepankan larangan mudik ini, berlangsung serentak selama 12 hari dimulaihari ini, tanggal 12 April 2021.

Selain mengelar keselamatan lalu lintas candi, Polrestabes Semarang juga menyiapkan penyekatan pada H-7 dan H+7 lebaran, seusai intruksi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Absa