blank

SEMARANG-Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan bagaimana meningkatkan pendapatan tambahan bagi ibu rumah tangga di RT.05 RW 20 Kelurahan Tlogosari Kulon Semarang.

Kegiatan dengan tema ”Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Alternatif Sumber Pendapatan Tambahan Di Kelurahan Tlogosari Kulon” ini dipimpin oleh Teti Susilowati, S.E., M.M. dan anggota Muryanto Agus Nuswantoro, S.T.P.,M.M. dan Noventia Karina Putri, S.E., M.M.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 23 ibu – ibu PKK di RT.05 RW 20 Kelurahan Tlogosari Kulon Semarang.

Teti mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memotivasi ibu – ibu di wilayah tersebut yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga murni dalam memulai suatu usaha baru guna meningkatkan pendapatan tambahan keluarganya.

“Kegiatan ini diawali dengan pemberian sosialisasi bagaimana memulai usaha baru yang harus dilakukan antara lain : niat yang lurus, kerja cerdas, kreativitas, pantang menyerah serta berani mengambil resiko” ungakpa Teti.

“Dalam rangka pemberdayaan ibu rumah tangga untuk melakukan usaha yang produktif dapat mempengaruhi perubahan sosial dan peningkatan ekonomi keluarga. Sosialisasi yang lain tentang bagaimana ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga, sehingga tidak menimbulkan masalah dalam keuangan keluarganya, misalnya ada pepatah “ besar pasak daripada tiang “ , hal itu jangan sampai terjadi pada keluarganya” tambah Teti.

Kegiatan diakhiri dengan demo membuat contoh suatu produk yang mudah dibuat dan dipasarkan sebagai alternatif usaha dengan bahan dasar jagung yang mudah didapatkan dipasaran yaitu : Nugget Jagung dan Puding Jagung.

Antusias ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan tersebut membuat tim pengabdian merasa puas dalam memberikan sosialisasi di wilayah tersebut dengan harapan semoga bermanfaat.