blank
Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, ketika melepas atlet NPCI setempat. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, melepas 21 atlet penyandang disabilitas yang tergabung dalam kontingen National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Wonosobo, yang akan mengikuti seleksi daerah NPCI Jawa Tengah tahun 2021.

Pada kesempatan itu, Afif Nurhidayat menyampaikan, apa yang akan dilakukan para atlet disabilitas ini, merupakan perjuangan untuk membawa nama baik Kabupaten Wonosobo.

Oleh karena itu, Pemkab Wonosobo akan mendukung perjuangan mereka, baik melalui support dana melalui dinas-dinas terkait, maupun support secara mental.

BACA JUGA: Desa Cantik Maduretno Kalikajar Wonosobo, Terima Kunjungan Pejabat Kementerian Desa

”Selamat berjuang para atlet, lakukan yang terbaik untuk mencapai prestasi dan membawa harum nama Kabupaten Wonosobo,” ujar Bupati Afif Nurhidayat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Wonosobo, Retno Eko Syafariati menyebutkan, 21 atlet penyandang disabilitas NPCI Wonosobo ini, akan mengikuti seleksi daerah (selekda) pada tingkat provinsi di Surakarta, akhir Maret 2021 ini.

”Ajang ini sebagai penjaringan atlet untuk mewakili kontingen Jawa Tengah pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua tahun 2021,” ungkap Retno.

blank
Atlet NPCI Wonosobo, menyatakan siap bertarung dalam Peparnas di Papua akhir 2021 nanti. Foto: Muharno Zarka

BACA JUGA: Korut Tuding DK PBB Lakukan ‘Standar Ganda’ Atas Uji Coba Rudal

Sebanyak 21 atlet yang dikirim NPCI Wonosobo pada ajang selekda, akan turun pada cabang atletik, bulutangkis, catur, panahan, renang dan tenis meja.

Sedangkan Ketua NPCI Wonosobo, IG Agustianto mengungkapkan, beberapa atletnya sudah pernah berprestasi pada Kejurprov NPCI Provinsi Jateng pada 2019 lalu.

”Kami berharap pada selekda nanti, paling tidak ada lima atlet Wonosobo yang akan lolos seleksi untuk mewakili Tim NPCI Provinsi Jawa Tengah pada Peparnas di Papua,” ungkap Agustianto.

Dia juga menyebutkan, untuk menghadapi selekda, kontingen NPCI Wonosobo telah melaksanakan pemusatan pelatihan selama kurang lebih tiga bulan, dengan intensitas latihan selama tiga kali dalam satu minggu.

Dalam pelaksanaan persiapan hingga pertandingan, kontingen NPCI Wonosobo difasilitasi Pemkab Wonosobo, melalui Dinas Soial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Muharno Zarka-Riyan