blank

JAKARTA (SUARABARU.ID) Sebuah pesawat kargo milik maskapai Trigana Air mengalami insiden di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada Sabtu (20/3/2021) siang.

Pesawat Kargo Trigana Air PSK YSF rute Bandara Halim Perdana Kusuma-Makassar tergelincir keluar landasan.

Tidak laporan adanya korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kecelakaan terjadi, ketika pesawat kargo milik Trigana Air itu, mengalami pecah ban dan terbakar saat akan melakukan landing (mendarat) di run away (landas pacu 06) Bandara Halim Perdana Kusuma.

Akibatnya, pesawat miring ke kanan dan keluar dari landasan. Pesawat terhenti persis di ujung landasan.

Menurut Informasi, kejadian tersebut berawal saat pesawat kargo Trigana Air mendarat di landasan Bandara Halim Perdanakusuma, tiba-tiba pesawat tergelincir di landasan dan keluar runway.

Akibat kecelakaan itu, Bandara Halim Perdana Kusuma ditutup sementara. Dua penerbangan yakni dari maskapai Citilink untuk sementaera dialihkan landing di Bandara Soekarno Hatta.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, membenarkan mengenai kabar tergelincirnya Trigana Air. “Pada hari ini Sabtu, 20 Maret 2021, pukul 11.26 WIB telah terjadi pendaratan keluar runway yang dialami oleh pesawat kargo Trigana PKS-YSF dengan rute Halim- Makassar,” ucap Adita.

Sementara itu di akun twitter Specter @kamto.adi menyebutkan:
Trigana air emergency Landing (One Engine Failed) After touch R/W 24 Ban pecah dan terbakar, pesawat swing ke kanan, keluar dan berhenti di ujung runway 06.

Runway sementara ditutup. Stay safe semua, refresh kembali setiap emergency procedure yang ada di flight manual.

Berbagai Sumber