blank
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, bersama Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan jajaran Forkopimda serta OPD dan anggota dewan Kota Semarang berziarah ke Makam Ki Ageng Sunan Pandanaran, Kamis (18/3/2021).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menyambut hari jadi Kota Semarang pada tanggal 2 Mei mendatang, segenap jajaran Forkopimda Kota Semarang berkesempatan berziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran, Kamis (18/3/2021).

Dipimpin oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang biasa dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kota Semarang.

Tak hanya ziarah ke Makan Ki Ageng Pandanaran saja, menurut wali kota yang biasa disapa Hendi tersebut, kegiatan ziarah juga akan dilakukan pada 23 Maret mendatang ke Makam Sunan Bayat di Klaten.

“Mengingat kondisi pandemi, kegiatan ziarah ini kami laksanakan khusus untuk internal Pemerintah kota Semarang sebagai wujud memperingati jasa besar para leluhur yang telah membangun Kota Semarang dari sebuah dusun kecil bernama Pragota,” katanya.

Ki Ageng Pandanaran berjuluk Pangeran Made Pandan merupakan tokoh yang berperan besar dalam hadirnya Semarang. Beliau menjadi bupati pertama di Semarang yang juga tokoh penyebar agama Islam.

Di sisi lain, guna memberikan kenyamanan berziarah, tahun ini, Pemerintah Kota Semarang juga akan melaksanakan proses pembangunan makam Sholeh Darat yang ada di kawasan makam Bergota.

Untuk itu, Hendi meminta doa dan dukungan warga masyarakat agar proses lelang yang saat ini sedang berjalan dan proses pembangunan nantinya dapat berjalan lancar.

Sebelumnya, lanjut Hendi, telah dilakukan pembukaan area parkir dengan pembongkaran tembok SMPN 10 guna menyiasati kendala parkir ziarah kubur dengan kendaraan besar di Bergota.