blank
Anggota TNI berbaur dengan masyarakat menyingkirkan tanah longsor. Foto: Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Bencana alam tanah longsor kembali terjadi. Hujan dengan intensitas tinggi pada Senin (15/3) mengakibatkan longsor sebagian wilayah di Kecamatan Bandongan, kabupaten Magelang. Salah satunya di Dusun Mudan, Desa Salamkanci, yang merupakan daerah rawan longsor.

Menyikapi hal tersebut anggota Koramil 03/Bandongan bersama masyarakat bergotong royong menyingkirkan material longsor yang menutup jalan Dusun Mudan dan tempat ibadah yang lokasinya berada di sekitar tebing.

Babinsa Salamkanci Serka Tohari di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan,  penanggulangan dampak bencana alam seperti itu merupakan salah satu tugas TNI. Babinsa di wilayah harus bisa membantu mengatasi kesulitan warga di wilayah binaannya.

“Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor ini, hanya pepohonan serta gundukan material tanah yang mengalami longsor ke bahu jalan,” terang Tohari.

Dia menambahkan, kegiatan itu mencerminkan adanya sinergitas TNI dan masyarakat. Juga wujud kemanunggalan TNI dan rakyat.

Sutrisno (35) salah satu warga setempat mengaku senang dan berbesar hati melihat anggota koramil dan relawan ikut  membaur bersama masyarakat menyingkirkan tanah longsor tersebut.

“Kami selaku warga merasa senang melihat kebersamaan TNI dan rakyat. TNI selalu tanggap dan cepat dalam membantu penanganan bencana alam seperti ini,” pungkas Sutrisno.

Eko Priyono-wied