blank
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP saat meninjau vaksinasi Covid-19 anggota TNI di Hanggar Skadik 102, Lanud Adisucipto Yogyakarta. Sabtu (13/3/2021). Foto : Dok. Pendam IV/Dip.

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP beserta rombongan meninjau pelaksanaan kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk TNI di wilayah Yogyakarta bertempat di Hanggar Skadik 102, Lanud Adisucipto Yogyakarta. Sabtu (13/3/2021).

Kegiatan Serbuan Vaksinasi menuju Indonesia Sehat, diikuti oleh 1.282 orang dari Tiga Matra TNI di Wilayah Yogyakarta, terdiri dari 564 anggota TNI AD, 146 TNI AL dan 572 orang anggota TNI AU. Dengan melibatkan vaksinator tenaga kesehatan dari tiga matra berjumlah 108 orang.

Prioritas serbuan vaksinasi di TNI adalah Babinsa dan tenaga kesehatan, karena akan ditugaskan sebagai pemberi vaksin dan sebagai tracer, jadi diharapkan dengan divaksin, para petugas tidak ada yang terpapar covid -19, karena sudah memiliki antibodi.

Panglima TNI menyampaikan, Babinsa merupakan ujung tombak TNI di tengah masyarakat dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap covid -19 di Desa dan lingkungannya.

blank
Anggota TNI dari Tiga Matra TNI di Wilayah Yogyakarta yang menerima vaksinasi Covid-19 di Hanggar Skadik 102, Lanud Adisucipto Yogyakarta. Sabtu (13/3/2021). Foto : Dok. Pendam IV/Dip.

“Setelah divaksin, para prajurit selain bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan, para prajurit TNI tersebut juga dapat membantu pemerintah untuk melaksanakan tracking Covid-19 di tengah masyarakat,” paparnya.

Turut hadir mendampingi kegiatan peninjauan tersebut, antara lain Dankodiklatau, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, Aster Panglima TNI, Kapuspen TNI, Kapuskes TNI, Pati Sahli Tk III Jahpers, Waasops Panglima TNI, Kababek TNI, Danlanud Adi Soemarmo, Danlanal Yokyakarta, para Asisten Kasdam IV/Dip.

Absa-wied