blank
Rangkaian KRL relasi Solo- Yogyakarta tengah melintas di Stasiun Ceper Kab. Klaten. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Penambahan dua perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) di akhir pekan pada lintas Yogyakarta- Solo Balapan , kembali dilakukan PT KAI Commuter.

Penambahan perjalanan selama dua hari tepatnya untuk tanggal 13 dan 14 Maret 2021,  bertujuan mengakomodasi  pengguna jasa  yang meningkat pada setiap akhir pekan. Selain itu juga  memaksimalkan upaya  jaga jarak antar pengguna jasa.

“Dua jadwal tambahan perjalanan KRL ini melengkapi empat perjalanan KRL tambahan yang sehari sebelumnya dioperasikan KAI Commuter. Perjalanan KRL Tambahan tersebut juga akan melayani perjalanan KRL relasi Yogyakarta – Solo Balapan PP” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam rilisnya, Sabtu (13/3)

Menurut Anne Purba, tambahan dua perjalanan KRL, menjadikan PT KAI Commuter mengoperasikan 26 perjalanan KRL di wilayah Yogyakarta – Solo per hari pada hari Sabtu dan Minggu.

Sebagaimana diketahui jumlah pengguna KRL mengalami meningkat diakhir pekan dibandingkan hari biasa. Sebagai gambaran  pengguna KRL pada hari Sabtu 6 Maret dan Minggu 7 Maret  lalu.

Masing-masing sebanyak 7.636 orang dan 8.334 orang dengan rata-rata pengguna pada satu minggu lalu sebanyak 5.820 orang. KRL tambahan relasi Yogyakarta – Solo Balapan pemberangkatan pukul 19:52 WIB. Sedangkan KRL tambahan  relasi Solo Balapan-Yogyakarta pemberangkatan pukul 18.16 WIB.

PT KAI Commuter tetap mengoperasikan rangkaian dengan jumlah kereta dalam satu rangkaian atau stamformasi (SF) terdiri delapan  kereta dan  rangkaian KRL SF 4. Hal ini dilakukan untuk menambah kapasitas penggunanya dalam satu kali perjalanan. Dimana rangkaian  KRL dengan SF 8 memiliki kapasitas 592 orang, sedangkan rangkaian KRL dengan SF 4 memiliki kapasitas 296 orang.

“KAI Commuter berkomitmen untuk menjalankan KRL dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan pengguna KRL. Pada masa pandemi ini, pengguna KRL juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dalam menggunakan KRL seperti, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak”, tandas VP Corporate Secretary KAI Commuter.

Dikatakan, untuk memaksimalkan upaya jaga jarak, KAI Commuter membatasi kapasitas pengguna yaitu 74 orang per kereta dengan melakukan antrean penyekatan di stasiun bila kondisi padat.

Bagus Adji-wied