Anggota Koramil 04/Windusari, Kodim Magelang, membantu warga membetulkan saluran air bersih yang terkena longsor. Foto: Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Babinsa Koramil 04 / Windusari, Kodim 0705 Magelang, Serka M Rofikin dan Serda Ganjar bersama warga masyarakat Dusun Ngadigunung, Desa Windusari, Kabupaten Magelang, Rabu  (10/03/21).

Babinsa Koramil 04 /Windusari Serka M Rofikin saat ditemui mengatakan, longsor terjadi pada Selasa (9/3) sekitar pukul 05.00. Tebing setinggi sekitar 30 meter longsor dan menutup saluran irigasi sepanjang 25 meter.

“Walau tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun longsoran tanah tersebut menutupi saluran irigasi di wilayah tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir ini memang kurang bersahabat. Sehingga  mengakibatkan adanya tanah longsor di Desa Windusari.

Serka M Rofikin bersama Kasi Trantip Kecamatan Windusari, kades, beserta perangkat desa setempat yang dibantu relawan Desa Windusari mengajak warga Dusun Ngadigunung, Desa Windusari, melaksanakan kerja bakti untuk mengatasi timbunan tanah yang menutup saluran irigasi. Hal itu dilakukan karena irigasi yang tertimbun merupakan irigasi yang digunakan warga untuk pengairan sawah.

Itu merupakan salah satu sarana aktivitas warga setempat, khususnya untuk kegiatan pertanian.

Menurut Serka M Rifikin, kegiatan kerja bakti tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dan rakyat. Dia berharap kehadiran anggota TNI membuat warga Desa Windusari semakin semangat dalam melaksanakan kerja bakti.

Sejumlah warga Desa Windusari mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 04/Windusari  yang telah ikut turun tangan dalam penyingkiran material longsoran. Mereka mengapresiasi sinergi yang dilakukan TNI menyingkirkan longsoran tanah.

“Alhamdulilah, hari ini material longsoran tanah sudah disingkirkan dan akses saluran irigasi sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya secara lancar untuk pengairan persawahan  warga,” ungkap warga.

Eko Priyono-wied