blank
Suasana Sidang Pleno Musyawarah Cabang (Muscab) yang digelar di kantor DPC PKB Jalan Raya Soekarno Hatta Patebon. (FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Muhammad Makmun kembali ditetapkan sebagai Ketua Tanfidz Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupaten Kendal masa bhakti 2021-2026, dalam Sidang Pleno Musyawarah Cabang (Muscab) yang digelar di kantor DPC PKB Jalan Raya Soekarno Hatta Patebon, Sabtu (6/3/2021).

Tak hanya Muhammad Makmun, KH Ali Nurudin juga masih dipercaya untuk menduduki dan ditetapkan sebagai Ketua Dewan Syuro masa bhakti 2021-2026.

Teguh Widodo, Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah yang memimpin sidang pleno ini mengatakan, pihaknya baru mendapatkan daftar nama yang ditunjuk sebagai pengurus pada hari ini.

“Saya baru mendapatkan nama-nama pengurus hari ini sebelum berangkat ke Muscab. Alchamdulilah nama-nama yang ditunjuk sesuai yang diusulkan dari pengurus yang ada di tingkat kecamatan,” kata Teguh.

Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Muhammad Makmun, yang terpilih secara aklamasi, mengatakan, siap untuk mengemban amanah partai. Bahkan, pihaknya menargetkan PKB dalam kepengurusan mendatang dapat kembali memenangkan Pileg dan Pemilu 2024.

“Di Pemilu 2024, kami menargetkan bisa menambah jumlah kursi dari 10 meningkat menjadi 15 kursi di DPRD Kendal. Untuk mengamankan target tersebut, diperlukan sekitar 150 hingga 160 ribu suara. Melihat kesolidtan kita hari ini, insya Allah kami bisa mewujudkannya,” kata Makmun.

Terkait kekalahan di Pilkada 2020, dirinya mengaku, DPC PKB telah berusaha maksimal, hanya saja hasilnya belum berpihak kepada PKB. Namun, PKB di Kendal telah menunjukkan kesolidtan untuk mengusung kadernya sendiri.

“Sebagaimana disampaikan Ketum DPP PKB, bahwa Muscab sebagai agenda untuk konsolidasi, tidak ada perpecahan. Jangankan yang di dalam, yang masih di luar kita ajak untuk masuk ke dalam PKB. Bukan perpecahan, namun bagaimana PKB bisa melakukan ekspansi,” ujarya.

Selain itu, pada kepengurusan yang baru nanti, DPC PKB akan menyiapkan kantor mandiri, mengingat kantor yang ada sekarang ini masih meminjam aset milik Pemda. Lokasi yang direncanakan di jalan Gajahmada Kelurahan Karangsari.

Sementara, diakhir sidang pleno, dari hasil masukan para pengurus dan kader, telah disepakati DPC PKB Kendal mendukung Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI), Ketua Umum DPP PKB sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Selain itu, DPC PKB diminta untuk mengusung kader internal sendiri untuk maju dalam Pilkada yang akan datang.Sp-mm